3 Hari Pencarian, Warga Banyuwangi Ditemukan Tewas Tertimbun Batu dan Tanah

Rabu, 15 Februari 2023 - 21:19 WIB
loading...
3 Hari Pencarian, Warga Banyuwangi Ditemukan Tewas Tertimbun Batu dan Tanah
3 hari pencarian, warga Banyuwangi ditemukan tewas tertimbun batu dan tranah. Foto: Dok/SINDOnews
A A A
BANYUWANGI - Warga Banyuwangi yang dilaporkan tertimbun longsor saat memperbaiki saluran air ditemukan tak bernyawa. Korban bernama Asmin (56) ditemukan, Rabu (15/2/2023) setelah pencarian oleh tim gabungan sejak Senin (13/2/2023).

Kapolsek Kalipuro AKP Hadi Waluyo menjelaskan, korban ditemukan oleh tim gabungan setelah melakukan penggalian tebing yang longsor. Jasadnya ditemukan tertimbun material batu dan tanah setinggi satu meter.

"Korban ditemukan sekitar pukul 11.30 WIB. Jasadnya tertimbun material batu dan tanah hingga setinggi 1 meter. Kami lakukan pencarian dari unsur Basarnas, TNI-Polri dan relawan," kata Hadi Waluyo dikonfirmasi, Rabu petang (15/2/2023).



Menurutnya, pencarian sempat terkendala medan yang sulit. Apalagi lokasinya cukup terpencil di Lingkungan Suko, Kelurahan Gombengsari, Kecamatan Kalipuro, Banyuwangi, dengan material longsor yang cukup tinggi. "Kami harus mengerahkan anjing pelacak," ucapnya.



Sulitnya medan juga membuat alat berat tak dapat digunakan. Alhasil proses pencarian dan evakuasi hanya menggunakan peralatan manual. ''Material longsor banyak sekali, batunya juga sangat besar,'' tegasnya.

Keberadaan korban disebutnya, mulai menunjukkan tanda, setelah petugas menemukan sabit dan topi milik korban. Pencarian difokuskan di sekitar penemuan sabit dan topi tersebut.

Penemuan Asmin pun disambut Isak tangis keluarga korban yang telah menunggu sejak Senin. Korban lantas dievakuasi ke rumah duka yang tak jauh dari lokasi kejadian.



Isak tangis keluarga mewarnai proses evakuasi ini. Setelahnya, korban dievakuasi menuju rumah duka yang lokasinya tak jauh dari tempat kejadian.

Jasadnya langsung diserahkan ke pihak keluarga untuk dikebumikan. Penemuan jasad Asmin mengakhiri tiga hari proses pencarian jasad pria yang tertimbun longsoran saat memperbaiki saluran air.

Sebelumnya diberitakan, Asmin dilaporkan hilang saat tengah memperbaiki saluran air. Warga menduga Asmin terkubur longsoran dari bukit yang ada di sekitar ia terlihat memperbaiki saluran air, pada Senin (13/2/2023). Saat itu di tempat kejadian tengah dilanda hujan deras dan disertai angin kencang.
(nic)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1976 seconds (0.1#10.140)