Pilot Susi Air Dibawa KKB Egianus Kogoya Keluar dari Paro ke Kampung Alguru Papua

Selasa, 14 Februari 2023 - 11:20 WIB
loading...
Pilot Susi Air Dibawa KKB Egianus Kogoya Keluar dari Paro ke Kampung Alguru Papua
Ilustrasi pesawat Susi Air.
A A A
JAYAPURA - Pasca pembakaran pesawat Susi Air di Distrik Paro, Nduga Papua Pegunungan, hingga kini aparat TNI-Polri belum juga berhasil menemukan Capten Phillips Max Marthen.

Evakuasi 15 pekerja telah dilakukan, namun keberadaan pilot masih dalam genggaman Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di hutan belantara Papua Pegunungan.

Juru Bicara Komnas Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat Organisasi Papua Merdeka (TPNPB OPM) Sebby Sembom kepada MNC Portal Indonesia mengatakan, saat ini sang pilot bersama KKB Egianus Kogoya sudah keluar dari Distrik Paro.

"Saat ini pilot sudah bersama dengan Egianus Kogoya, mereka sudah keluar dari Paro sejak beberapa hari lalu, sekarang mereka sudah berada di kampung Alguru," ujar Sebby, Selasa (14/2/2023).

Baca juga: Pangkogabwilhan III dan Diplomat Selandia Baru Bahas Nasib Pilot Susi Air di Timika

Jubir OPM itu juga menjelaskan bahwa pilot keberadaan pilot tersebut dalam keadaan sehat dan sudah beraktivitas seperti masyarakat biasa. Artinya Capten Phillips telah berbaur dengan kelompok kriminal bersenjata dengan budaya mereka seperti bakar batu dan bermain di kali serta belajar menembak di markas besar TPNPB.

"Dia Capten Philips itu yang disandera oleh kami itu bukan sebagai musuh, tetapi sebagai teman atau saudara. Mereka bersama-sama tinggal di markas saling bantu mencari kayu bakat untuk masak," jelas Sebby Sembom.

Hingga saat ini, TNI-Polri terus melakukan upaya pencarian pilot Susi Air di Nduga Papua dan mengedepankan dialog. Namun belum juga ada titik terang, hingga KKB pimpinan Egianus Kogoya masih tetap menyandera Capten Philips Max Marthen di Markas KKB di Kampung Alguru, Distrik Krepkuri, Kabupaten Nduga, Papua Pegunungan.
(msd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1331 seconds (0.1#10.140)