Kapal Mekar Teratai Mati Mesin di Tengah Laut, 125 Penumpang Dievakuasi

Sabtu, 11 Februari 2023 - 06:15 WIB
loading...
Kapal Mekar Teratai Mati Mesin di Tengah Laut, 125 Penumpang Dievakuasi
Ratusan penumpang KM Mekar Teratai, tujuan Ternate-Bacan Halmahera Selatan, Maluku Utara dievakuasi petugas KPLP dan Basarnas
A A A
TERNATE - Ratusan penumpang KM Mekar Teratai, tujuan Ternate-Bacan Halmahera Selatan, Maluku Utara dievakuasi petugas KPLP dan Basarnas Ternate. Kapal mengalami mati mesin di tengah laut dan hampir menghantam karang.

Diduga, mesin kapal korsleting dan mengeluarkan kepulan asap dari kamar mesin hingga membuat penumpang panik. KM Mekar Teratai yang mengangkut 125 penumpang mati mesin di tengah laut perairan Pulau Tidore.

Kapal ini memulai pelayaran dari Pelabuhan Bastiong pada pukul 21.30 WIT. Nahas, ketika baru masuk perairan Tidore, mesin kapal mati tak jauh dari Desa Maftutu, Tidore Kepulauan.

Baca juga: Khawatir Teror KKB, 25 Warga Paro Berjalan Kaki Menyelamatkan Diri ke Ibu Kota Nduga

Kepanikan terjadi saat kepulan asap mulai keluar dari kamar mesin yang diduga korsleting. Ratusan penumpang mulai panim sehingga awak kapal mengirimkan pesan darurat kepada Kesatuan Penjaga Laut dan Pantai untuk melakukan penyelamatan dan evakuasi.

Kapal terombang-ambing dan terbawa arus hingga akan menghantam karang di bibir pantai. "Kami sudah melakukan pemeriksaan menyeluruh sebelum mengizinkan KM Mekar Teratai mekakukan pelayaran," kata Kasi Keselamatan Berlayar Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Ternate, Miraza A. Polpoke.
(msd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2109 seconds (0.1#10.140)