Meriah! Masyarakat Hindu Thamil Arak Kereta Kencana Berusia 132 Tahun saat Festival Thaipusam

Senin, 06 Februari 2023 - 18:39 WIB
loading...
Meriah! Masyarakat Hindu Thamil Arak Kereta Kencana Berusia 132 Tahun saat Festival Thaipusam
Masyarakat Hindu Thamil di Kota Medan, Sumatera Utara, merayakan Festival Thaipusam, yang digelar sepanjang Minggu (5/2/2023). Foto/iNews TV/Ahmad Ridwan Nasution
A A A
MEDAN - Kemeriahan mewarnai jalanan Kota Medan. Sebuah kereta kencana yang telah berusia 132 tahun, berisikan Dewa Murugan, diarak keliling kota, dengan dihiasi cahaya emas menyala yang sangat mewah. Ribuan masyarakat Hindu Thamil begitu antusias mengarak kereta kencana tersebut.



Arah-arakan yang digelar sepanjang hari Minggu (5/2/2023) tersebut, merupakan bagian dari perayaan Festival Thaipusam. Yakni, festival penghormatan kepada para dewa yang selalu digelar masyarakat Hindu Thamil di Kota Medan.



Kereta kencana berwarna emas, dengan penuh cahaya mewah diarak keliling pusat Kota Medan, hingga Minggu (5/2/2023) tengah malam. Festival tersebut semakin meriah, karena masyarakat umum juga turut menyaksikan kemeriahan festival dari tepi jalan.



Pengurus Kuil Shree Sopramaniem, Mahendra Mohan Chettiar mengatakan, Festival Thaipusam merupakan festival untuk penghormatan kepada para dewa pada bulan purnama pertama di bulan Thai kalender Tamil. "Kali ini bertepatan dengan tanggal 5 Februari 2023," ungkapnya.

Festival Thaipusam dirayakan oleh masyarakat Hindu Tamil, untuk merayakan kemenangan Dewa Murugan dalam mengalahkan kejahatan. Dewa Murugan berhasil mengalahkan kejahatan, setelah mendapat tombak dari ibundanya, Dewi Parvati.

Meriah! Masyarakat Hindu Thamil Arak Kereta Kencana Berusia 132 Tahun saat Festival Thaipusam




Mahendra juga mengatakan, kereta kencana berusia 132 tahun tersebut, didatangkan langsung dari India. "Acara puncak mengarak kereta kencana, merupakan simbol di mana dewa memberi keberkahan, kesehatan, kedamaian dan rezeki kepada semua umat manusia," tuturnya.

Selain menjadi perayaan keagamaan bagi seluruh masyarakat Hindu Tamil, perayaan Festival Thaipusam tersebut, juga menjadi daya tarik wisata religi di Kota Medan, karena banyak menarik minat masyarakat untuk hadir menyaksikannya.
(eyt)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1970 seconds (0.1#10.140)