Miris, Puluhan Siswa SD di Sikka Bertaruh Nyawa Seberangi Sungai Menuju Sekolah

Senin, 06 Februari 2023 - 07:53 WIB
loading...
Miris, Puluhan Siswa SD di Sikka Bertaruh Nyawa Seberangi Sungai Menuju Sekolah
Puluhan siswa sekolah dasar harus bertaruh nyawa menyeberangi derasnya arus Sungai Nangagete demi bersekolah. iNews TV/Joni
A A A
SIKKA - Pemandangan yang miris terlihat hampir setiap pagi di Desa Watuomok, Kecamatan Talibra, Sikka, NTT. Puluhan siswa sekolah dasar harus bertaruh nyawa menyeberangi derasnya arus Sungai Nangagete demi bersekolah.

Hal ini lantaran tidak ada jembatan yang bisa mereka lewati untuk sampai ke sekolah. Dengan sangat terpaksa, puluhan siswa yang berada di desa tersebut harus menyeberangi sungai tanpa bantuan apa pun. Bahkan mereka terpaksa harus buka seragam dan sepatu agar tidak basah.

Tak jarang, sebagian orang tua siswa pun terpaksa harus menggendong anak-anak mereka untuk menyeberangi melewati derasnya arus sungai agar bisa ke sekolah.

Silvanus, siswa di Blawuk, mengatakan setiap pagi anak- anak dari Dusun Muding kampung Wairbou dan Dusun Wailoke harus berjalan kaki dari rumah dan menyeberangi kali.

"Kami tidak pakai sepatu dari rumah dan setelah menyeberangi kali, baru pakai sepatu. Kami juga harus pakai celana lain nanti baru seberangi kali ganti seragam sekolah agar bisa masuk sekolah," ujar Silvanus, salah seorang pelajar.

Baca: Oknum Brimob Tembak Warga hingga Tewas, Polres Malinau Diserang Massa.

Sementara Yoseph, orang tua siswa berharap berharap pemerintah Kabupaten Sikka untuk bangun jembatan sehingga memudahkan anak-anak mereka untuk pergi ke sekolah.

"Setiap hari pergi dan pulang sekolah menyeberangi kali ini. Bahaya ini, bagaimana kalau tiba-tiba banjir," pungkasnya.
(nag)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4424 seconds (0.1#10.140)