GGN Jatim Bantu Revitalisasi Ponpes Ar-Rohman Magetan

Sabtu, 04 Februari 2023 - 09:20 WIB
loading...
GGN Jatim Bantu Revitalisasi Ponpes Ar-Rohman Magetan
Jaringan GGN Jatim menyerahkan material bangunan guna merevitalisasi beberapa fasilitas di Ponpes Ar-Rohman Tegalrejo, Magetan, Jumat (3/2/2023). Foto/Dok. SINDOnews
A A A
MAGETAN - Jaringan Gus-Gus Nusantara (GGN) Jawa Timur menyerahkan material bangunan guna merevitalisasi beberapa fasilitas di Ponpes Ar-Rohman Tegalrejo. Revitalisasi itu untuk mendorong kemaslahatan pondok pesantren sebagai pusat pendidikan dan penyiaran Islam.

”Sejumlah material yang diberikan meliputi besi, batu bata, pasir, karpet, dan cat untuk mempercepat proses revitalisasi lahan parkir, taman, serta sanitasi di depan asrama putri Ponpes Ar-Rohman,” kata Koordinator GGN Jatim, Gus Alwy Hasan di lokasi, Jumat (3/2/23).

Bantuan diterima langsung pengasuh Ponpes Ar-Rohman Tegalrejo, Gus Ridlo Rifai usai kegiatan Sholawat dan Doa Bersama untuk memperingati Isra Miraj. Pihak ponpes telah lama menginginkan revitalisasi sejumlah fasilitas tersebut.

Hal ini disampaikan pengurus ponpes pada safari pondok pesantren se-Jatim yang gencar dilaksanakan GGN. "Mudah-mudahan pemberian dari Gus-Gus Nusantara ini mampu membantu kegiatan belajar mengajar di ponpes itu," jelas Gus Alwy.

Ar-Rohman Tegalrejo, lanjut Gus Alwy, merupakan ponpes yang terbilang cukup tua dan memiliki nilai historis atas syiar Islam di lingkungan Mataraman. Ponpes ini telah berdiri sekitar 1835 oleh KH Abdurrohman.

"Ponpes ini adalah salah satu muara atau cikal bakal ponpes di Mataraman (Ponorogo, Magetan, Madiun, Trenggalek, dan Tulungagung). Sehingga kami sangat perlu untuk melakukan pendekatan kepada simbol-simbol pondok pesantren khususnya di Mataraman," ujar Gus Alwy.

GGN sebagai wadah kolaborasi dari putra para kiai memiliki cita-cita meningkatkan kualitas pendidikan ponpes. Untuk itu, pihaknya akan terus melakukan safari ke seluruh ponpes yang ada di Jatim.

Pengasuh Ponpes Ar-Rohman Tegalrejo, Gus Muhammad Ridlo Rifai bersyukur atas bantuan yang diberikan GGN Jawa Timur. Menurut dia, revitalisasi lahan parkir, taman, dan sanitasi tersebut diperuntukkan bagi wali murid maupun masyarakat setempat.

"Terima kasih saya ucapkan kepada tim dari GGN. Semoga dengan adanya jalinan silaturahmi serta bantuan ini akan semakin banyak keberkahan-keberkahan yang dibangun, tidak hanya Ponpes Ar-Rohman tapi pesantren lain," kata Gus Ridlo.
(poe)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.6208 seconds (0.1#10.140)