Rayakan HUT ke-14, YPA-MDR Ciptakan Generasi Cerdas Masa Depan Indonesia

Jum'at, 03 Februari 2023 - 17:19 WIB
loading...
Rayakan HUT ke-14, YPA-MDR Ciptakan Generasi Cerdas Masa Depan Indonesia
Yayasan Pendidikan Astra-Michael D Ruslim (YPA-MDR) melakukan penandatanganan kerja sama antara Astra dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Manggarai Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT). (Ist)
A A A
MANGGARAI TIMUR - Yayasan Pendidikan Astra-Michael D Ruslim (YPA-MDR) melakukan penandatanganan kerja sama antara Astra dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Manggarai Timur, Nusa Tenggara Timu r (NTT). Memorandum of Understanding (MoU) ini juga dalam rangka peringatan hari ulang tahun (HUT) ke-14 YPA-MDR.

Ketua Pengurus YPA-MDR Herawati Prasetyo mengatakan, seminar bertajuk “Ciptakan Generasi Cerdas Masa depan Indonesia” juga digelar secara secara luring dan daring sebagai wujud kepedulian Astra untuk pemerataan pendidikan. Kemudian, bentuk nyata dukungan Astra melalui YPA-MDR agar tercapainya Sustainable Development Goals (SDGs) di Indonesia dalam mewujudkan pendidikan yang berkualitas.

“Perjalanan YPA- MDR selama 14 tahun telah menghasilkan program inisiasi, khususnya di bidang pendidikan, serta menjalankan program kontribusi sosial berkelanjutan dalam pilar Astra Untuk Indonesia Cerdas melalui visi, misi, strategi dan program-program yang secara khusus ditujukan untuk pemerataan pendidikan di daerah tertinggal,” tuturnya dalam keterangannya, Jumat (3/2/2023).

Pada kesempatan yang sama, kata dia, YPA-MDR juga meluncurkan program Sekolah Berbasis Digital dalam upaya mengaplikasikan pembelajaran berbasis digital. Selain itu YPA-MDR juga meluncurkan program Open Jurnal System (OJS) sebagai penunjang publikasi karya ilmiah guru berbasis digital.

“YPA-MDR berkomitmen untuk terus berkontribusi dalam memajukan pendidikan Indonesia di wilayah tertinggal melalui pola pembinaan empat pilar yaitu akademi, karakter, seni budaya dan kecakapan hidup yang adaptif, inovatif dan berdampak. Hingga saat ini pembinaan sudah dilakukan kepada 2.010 guru dan 27.268 siswa,” tuturnya.

Turut hadir dalam acara ini Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia (Kemdikbudristek RI) Nadiem Anwar Makarim, Direktur Astra Gita Tiffani Boer, Chief of Corporate Affairs Astra Riza Deliansyah, dan Ketua Pengurus YPA-MDR Herawati Prasetyo.

Nadiem mengatakan, mengapresiasi YPA-MDR untuk inisiatif yang sudah dilakukan selama 14 tahun terakhir. Khususnya, kata dia, program-program binaan yang berkelanjutan seperti seminar dan pelatihan untuk guru dan peserta didik di daerah tertinggal.

“Berkat pembinaan tersebut, makin banyak sekolah di Indonesia yang berani bertransformasi untuk meningkatkan kualitasnya,” kata Nadiem.

Direktur Astra Gita Tiffani Boer menambahkan, sejalan dengan cita-cita Astra untuk Sejahtera Bersama Bangsa, selama hampir lima dekade ini, Astra terus mendukung peningkatan kualitas pendidikan di Indonesia.

“Melalui YPA-MDR, Astra berupaya membantu sekolah di jenjang SD hingga SMA atau SMK dalam menghasilkan sumber daya manusia berkualitas di wilayah tertinggal,” sebutnya.

Baca: Bupati Cianjur: Terima Kasih MNC Peduli Sudah Beri Bantuan sejak Awal Bencana.

Program bantuan pendidikan YPA-MDR telah menyentuh 110 sekolah jenjang SD, SMP dan SMK sebagai konsep Sekolah Eskalator dan tersebar di 14 Kabupaten yang berada di Provinsi Lampung, Banten, Jawa Barat, D.I Yogyakarta, Jawa Timur, Kalimantan Tengah dan Nusa Tenggara Timur.
(nag)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1158 seconds (0.1#10.140)