Waspada! Gelombang Laut Setinggi 4 Meter Berpotensi Terjadi di Perairan Sulut

Jum'at, 03 Februari 2023 - 10:04 WIB
loading...
Waspada! Gelombang Laut Setinggi 4 Meter Berpotensi Terjadi di Perairan Sulut
Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengimbau masyarakat agar mewaspadai gelombang tinggi hingga empat meter yang berpeluang terjadi di perairan Sulawesi Utara (Sulut). Foto/Ilustrasi/Dok.SINDOnews
A A A
MANADO - Gelombang laut yang mencapai setinggi empat meter, berpotensi terjadi di wilayah perairan Sulawesi Utara (Sulut). Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengimbau masyarakat, agar meningkatkan kewaspadaan.



Koordinator Bidang Observasi dan Informasi BMKG Stasiun Maritim Bitung, Ricky Daniel Aror mengatakan, BMKG telah mengeluarkan peringatan dini gelombang laut tinggi hingga Sabtu (4/2/2023).



Dia menyebutkan, pada umumnya arah angin bertiup dari Barat Laut-Timur Laut dengan kecepatan 6-25 knot. Tinggi gelombang antara 1,25 hingga 2,5 meter (sedang), berpotensi terjadi di Laut Sulawesi bagian tengah dan timur, perairan Bitung-Likupang, sebelah utara perairan selatan Sulut, dan Laut Maluku bagian selatan.



Sementara gelombang setinggi 2,5-4 meter diperkirakan terjadi di perairan Kabupaten Kepulauan Sangihe, Kabupaten Kepulauan Talaud, Kabupaten Kepulauan Siau-Tagulandang-Biaro (Sitaro), dan Laut Maluku bagian utara.

Dia mengimbau warga, agar berhati-hati ketika melakukan aktivitas di wilayah perairan yang masuk peringatan dini gelombang dengan kategori sedang hingga tinggi. "Mari tetap waspada dan berhati-hati, memperhatikan tinggi gelombang ketika melaut, tetaplah mengedepankan keselamatan," katanya.



BMKG Stasiun Maritim Bitung, akan terus melakukan pembaharuan informasi ketinggian gelombang laut di setiap wilayah perairan, yang bisa diakses masyarakat maupun pemangku kepentingan melalui kanal informasi yang disediakan.
(eyt)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1905 seconds (0.1#10.140)