RK - Bobby Keliling Kota Medan Pakai Motor Listrik

Kamis, 02 Februari 2023 - 05:19 WIB
loading...
RK - Bobby Keliling Kota Medan Pakai Motor Listrik
Dalam rangkaian kegiatan di Sumatera Utara, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (RK) bertemu dengan Wali Kota Medan Muhammad Bobby Afif Nasution pada Rabu (1/2/2023) sore. (Ist)
A A A
MEDAN - Dalam rangkaian kegiatan di Sumatera Utara, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (RK) bertemu dengan Wali Kota Medan Muhammad Bobby Afif Nasution pada Rabu (1/2/2023) sore.

Oleh orang nomor satu di Medan itu, Kang RK diminta menyumbang ide dan desain untuk membangun ruang kreatif anak muda medan. Mereka juga sempat jalan-jalan sore bersama menggunakan motor listrik buatan dalam negeri, Gesits.

Sebagai kepala daerah yang juga ketua Asosiasi Daerah Penghasil Migas dan Energi Terbarukan (ADPMET), RK menegaskan bahwa dirinya mendukung penuh program pemerintah dalam migrasi dari kendaraan berbahan bakar minyak (BBM) ke kendaraan listrik.

“Saya gubernur yang mobil dinasnya mobil listrik,” imbuhnya kepada awak media di Medan. Karena itu, dia senang wali kota Medan mengajaknya keliling menggunakan motor listrik.

Bersama Bobby, RK melewati beberapa jalan utama di Kota Medan. Mulai dari Jalan Balai Kota sampai Jalan Pegadaian. Menurut RK, program pemerintah mendorong penggunaan kendaraan listrik sejalan dengan perkembangan penggunaan energi terbarukan.

Tenaga listrik akan terus bergerak menggantikan BBM. “Tadi sama Pak Wali sudah paling benar. Kami jalan-jalannya bukan pakai motor bensin. Tapi, motor listrik. Apalagi merek Indonesia,” terang dia.

Diakui oleh RK, setiap kali berkunjung ke daerah-daerah di Indonesia, dia turut mengkampanyekan penggunaan energi terbarukan.

Selain kendaraan listrik, penggunaan energi yang bersumber dari panas matahari, panas bumi, angin dan sebagainya turut dia sampaikan. “Saya doakan warga Medan beralih ke motor listrik,” ujarnya.

Dengan menggunakan kendaraan listrik, masyarakat bisa menghemat sampai 30 persen bila dibandingkan dengan penggunaan kendaraan BBM.

Selain itu, semakin banyak kendaran listrik, semakin besar peluang untuk menekan polusi. Setelah jalan-jalan menyisir jalanan utama Kota Medan, RK bersama Bobby menemui para pemuda yang tergabung dalam komunitas kreatif di Medan.

Baca: Kasihan! Pria Tunanetra di Blitar Ditipu Tetangga, Mobil Dibawa Kabur.

Mereka kemudian berdiskusi mengenai banyak hal. Oleh menantu Presiden Joko Widodo tersebut, RK diminta membuat desain untuk membangun ruang kreatif di Medan. Ruang yang nantinya bisa dipakai oleh anak muda di Ibu Kota Sumatera Utara itu untuk mengembangkan minat, bakat, dan potensi mereka.

RK percaya Bobby sebagai anak muda yang menjadi pemimpin di Medan bisa membawa perubahan di kota tersebut. Namun, dia menekankan, membangun sebuah kota tidak bisa cepat. Harus bertahap.

"Membangun kota tuh kan bertahap, jangan menganggap disulap dalam lima tahun beres, nggak," imbuhnya.

Dengan kerja sama yang kuat, melibatkan anak-anak muda di Medan, RK optimistis Kota Medan akan menjadi kota wisata yang bisa menarik lebih banyak wisatawan untuk datang.
(nag)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2068 seconds (0.1#10.140)