Pandemi COVID-19, RSUD Andi Makkasau Buka Layanan Virtual

Selasa, 14 Juli 2020 - 15:55 WIB
loading...
Pandemi COVID-19, RSUD Andi Makkasau Buka Layanan Virtual
RSUD Andi Makkasau Parepare membuka layanan virtual selama pandemi COVID-19. Foto/SINDOnews/Darwiaty Dalle
A A A
PAREPARE - Menghadapi pandemi COVID-19, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Andi Makkasau Kota Parepare melakukan inovasi dengan menyiapkan layanan kesehatan secara virtual terhadap pasien yang terpapar virus corona

Direktur RSUD Andi Makkasau , Renny Anggraeny Sari, mengatakan layanan kesehatan sistem virtual tersebut dikemas dalam aplikasi Sehat Dalam Genggaman. Layanan ini dapat diakses melalui smartphone.



"Layanan konsultasi virtual antar pasien dan rumah sakit ini yang kami luncurkan adalah merupakan inovasi kami untuk membatasi kontak fisik antara pasien dengan tenaga kesehatan," Renny memaparkan.

Aplikasi tersebut, jelas Renny, bisa diakses lewat smartphone dan akan terintegrasi dengan rumah sakit jejaring puskesmas. Pengguna juga akan terhubung dengan Call Centre 112 di Parepare untuk bisa berkonsultasi dengan dokter spesialis di RSUD Andi Makkasau .

"Terobosan ini mengikuti imbauan dari presiden Jokowi terkait Dilan (Digital Melayani) secara spesifik di RS dalam bentuk Tele Medicine," ujar Renny.

Renny menambahkan tidak semua penyakit bisa dikonsultasikan secara online. Untuk itu, kata dia, akan tetap dilakukan kunjungan ke rumah pasien.



Layanan konsultasi virtual, kata Renny lagi, sudah dilakukan di beberapa rumah sakit di Jakarta selama masa pandemi. Dan itu langkah awal, kata Renny, layanan virtual tersebut akan gratiskan bagi warga ber-KTP Parepare karena layanan ini blm dicover oleh BPJS Kesehatan.

"Karena belum ada juknis untuk itu. Ke depan, akan diupayakan layanan ini terintegrasi dengan mobile JKN dan masuk dalam jaminan biaya BPJS," tutupnya.
(tri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1999 seconds (0.1#10.140)