Peta Politik Jawa Barat Tak Terpengaruh Langkah Ridwan Kamil Gabung Golkar

Rabu, 25 Januari 2023 - 09:11 WIB
loading...
Peta Politik Jawa Barat Tak Terpengaruh Langkah Ridwan Kamil Gabung Golkar
Langkah Ridwan Kamil yang memilih Partai Golkar sebagai kendaraan politiknya dinilai tak berpengaruh terhadap peta politik di Jabar
A A A
BANDUNG - Langkah Ridwan Kamil yang memilih Partai Golkar sebagai kendaraan politiknya dinilai tak berpengaruh terhadap peta politik di Jabar. Pernyataan tajam tersebut disampaikan DPW Partai NasDem Jabar menyikapi kabar bergabungnya Ridwan Kamil ke partai berlambang pohon beringin itu.

Bahkan, partai besutan Surya Paloh ini menyebut, berlabuhnya Ridwan Kamil ke Golkar tak memberi dampak apapun kepada perpolitikan di Jabar.

Partai NasDem memang memiliki sedikit kisah dengan Ridwan Kamil. Pada Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jabar 2018 lalu, NasDem merupakan partai pertama yang mengusung mantan Wali Kota Bandung itu sebagai calon gubernur (cagub).

Kendati demikian, Ketua DPW Nasdem Jabar, Saan Mustopa tetap menghormati keputusan Gubernur Jabar ini memilih bergabung dengan partai pimpinan Airlangga Hartarto.

"Ya itu sih pilihannya Kang Emil (Ridwan Kamil) mau menentukan bergabung dengan partai apa. Tentu kami menghormati dan mengucapkan selamat untuk kiprah politik praktisnya," kata Saan, Selasa (24/1/2022).

Baca juga: Ridwan Kamil Gabung Golkar, Pengamat Nilai Sudah Waktunya

Saan menegaskan, langkah taktis Ridwan Kamil bergabung ke Partai Golkar sama sekali tidak mempengaruhi peta perpolitikan di Jabar.

"Secara peta elektoral, peta politik, atau peta dinamika politik yang ada di Jabar, masuk dan tidaknya Kang Emil ke politik atau memilih partai tertentu sama sekali tak berdampak signifikan bagi perpolitikan di Jabar," beber Saan.

Saan juga menegaskan bahwa pihaknya tidak merasa kehilangan sama sekali saat Ridwan Kamil akhirnya memilih Golkar sebagai kendaraan politiknya.

"Sekali lagi kami tegaskan kami tak merasa kehilangan dan tak ada pengaruh apapun bagi NasDem soal Emil masuk politik,” ucapnya.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.3207 seconds (10.101#12.26)