Porseni NU 2023 Sukses Digelar, Rais Aam PB NU Berpesan Terus Perkuat Ukhuwah

Selasa, 24 Januari 2023 - 13:27 WIB
loading...
Porseni NU 2023 Sukses Digelar, Rais Aam PB NU Berpesan Terus Perkuat Ukhuwah
Momen kebersamaan warga Nahdlatul Ulama (NU) yang dibalut dalam Porseni NU berakhir di Gedung Olahraga (GOR) Sritex Arena, Solo, Jawa Tengah, Sabtu (21/1/2023) lalu. (Ist)
A A A
SOLO - Momen kebersamaan warga Nahdlatul Ulama (NU) yang dibalut dalam Porseni NU berakhir di Gedung Olahraga (GOR) Sritex Arena, Solo, Jawa Tengah, Sabtu (21/1/2023) lalu.

Ajang yang melombakan empat cabang olahraga dan tiga pentas seni Islam yang dimulai 15 Februari itu dimenangkan kontingen Jawa Timur yang menjadi juara umum.

Dengan mengumpulkan 22 medali emas, kontingen Jatim mengungguli DKI Jakarta yang menempati peringkat kedua dengan 11 medali emas dan Jawa Tengah di posisi ketiga dengan delapan emas.

Menurut Rais Aam Pengurus Besar NU KH Miftachul Akhyar, Porseni NU terbesar karena dihadiri 60 ribu anggota kontingen dari seluruh Indonesia berjalan lancar dan sukses, sebab meski berkompetisi untuk mencari yang terbaik, persaudaraan sesama NU terus terjaga.

"Saya mengapresiasi seluruh pihak yang terlibat dalam penyelenggaraan Porseni NU 2023. Mulai dari pemerintah pusat, Pemda, kementerian, hingga panitia pelaksana sehingga momen yang berkaitan Harlah 1 Abad NU ini mampu menjadi pemersatu umat. Saya berpesan kepada seluruh santri dan santriwati, serta seluruh warga NU untuk tetap jaga dan perkuat terus ukhuwah sesama warga NU demi menjaga persatuan dan kesatuan negara Indonesia," ujar KH Miftachul Akhyar, Minggu (22/1) di Solo, Jateng.

Pada Porseni NU 2023 ini hanya peringkat tiga besar yang mendapatkan trofi dan uang pembinaan. Jatim mendapat trofi dan uang pembinaan Rp 100 juta yang diberikan Ketua Panitia Porseni NU, H Nusron Wahid.

DKI Jakarta mendapat trofi dan uang pembinaan Rp 50 juta yang diserahkan Sekretaris Jenderal PBNU, H Saifullah Yusuf, sedangkan Jawa Tengah mendapat trofi dan uang pembinaan Rp 25 juta diberikan Wali Kota Surakarta, Gibran Rakabuming.

Puncak Porseni NU 2023 diwarnai kegiatan jalan sehat yang dilakukan Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersama keluarga di lingkungan Pura Mangkunegaran, Solo, Minggu 22 Januari.

Baca: Hendak Menanam Jagung di Lahan Perhutani, Warga Semarang Diduga Hilang Hanyut di Sungai.

Menurut Panitia Porseni NU 2023, Tommy Darmadi, atas arahan Menteri BUMN, Erick Thohir sebagai Ketua Panitia Pengarah Harlah 1 Abad NU dan Ketua Panitia Pelaksana Porseni NU 2023, Nusron Wahid, pihaknya menjadikan Porseni yang bertepatan dengan Harlah Satu Abad NU sebagai tolak ukur untuk penyelenggaraan pekan olahraga dan seni selanjutnya.

"Kami berterima kasih atas kerja keras seluruh panitia, serta arahan dari Pak Erick dan Pak Nusron Wahid sehingga ajang olahraga dan seni yang diikuti 3.500 peserta berjalan lancar," ujar Tommy.

"Semua arena pertandingan dipenuhi suporter, kompetisi juga berjalan dengan fair, dan tidak ada masalah berarti. Kami mengucapkan selamat jalan kepada seluruh kontingen, semoga perjalanan kembali dan tiba di daerahnya masing-masing dengan selamat," pungkas Tommy.
(nag)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1614 seconds (0.1#10.140)