Mencekam! Begini Kesaksian Polisi saat Pecah Tragedi Kanjuruhan

Kamis, 19 Januari 2023 - 22:01 WIB
loading...
Mencekam! Begini Kesaksian Polisi saat Pecah Tragedi Kanjuruhan
Sejumlah saksi memberi keterangan dalam sidang tragedi Kanjuruhan di Pengadilan Negeri (PN) Surabaya, Kamis (19/1/2023). Foto/SINDOnews/Lukman Hakim
A A A
SURABAYA - Jaksa Penuntut Umum (JPU) menghadirkan sejumlah saksi dalam sidang tragedi Kanjuruhan, yang digelar di Pengadilan Negeri (PN) Surabaya. Para saksi dihadirkan untuk memberi keterangan terdakwa, Ketua Panpel Arema FC, Abdul Haris, dan Security Officer, Suko Sutrisno, Kamis (19/1/2023).



Salah satu saksi yang dihadirkan adalah anggota polisi dari Polsek Pakis, Eka Narafiah. Saat peristiwa tragedi Kanjuruhan pecah, Eka merupakan polisi yang bertugas membantu match steward saat laga Arema FC vs Persebaya pada 1 Oktober 2022.



Adapun tugas Eka adalah menggeledah barang bawaan, dan memeriksa tiket penonton sebelum masuk stadion. Dalam kesaksiannya Eka mengaku menyaksikan ratusan penonton yang mengantongi tiket tertahan dan tidak bisa masuk ke dalam Stadion Kanjuruhan. Tepatnya di pintu 12. "Mereka tidak masuk akibat stadion sudah penuh dengan penonton," katanya.



Sebelum melakukan pengamanan, Eka bersama petugas lainnya mendapat pengarahan dari Kapolres Malang saat itu, AKBP Ferli Hidayat. Kapolres Malang, meminta anggota untuk melakukan pemeriksaan terhadap suporter, utamanya yang tidak memakai atribut. Kuatirnya, ada suporter lain yang menyusup. "Dalam pengarahan itu, seluruh personel yang bertugas diminta tidak membawa senjata api," ujarnya.

Namun dia tidak membantah jika ada anggota yang membawa gas gun (senjata gas). Ia menyebut, bahwa pembawa gas gun biasanya adalah anggota Brimob. Setelah mendapat pengarahan, kira-kira pukul 20.00 WIB, pertandingan baru dimulai. Penonton berjubel memasuki stadion. "Hingga jeda babak pertama pukul 21.00 WIB, masih terlihat ada penonton yang hendak memasuki stadion," ujarnya.

Dia mengungkapkan, panitia bagian tiket melakukan buka tutup pintu, meski stadion sudah diperkirakannya penuh. Artinya, penonton sudah berada di area tangga. Sekitar pukul 22.00 WIB, pertandingan selesai. Eka diminta oleh atasannya untuk berkumpul di lobi stadion untuk membuat barikade agar official dan pemain bisa keluar stadion.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1320 seconds (0.1#10.140)