Bentrok Karyawan TKA vs Pekerja Lokal di PT GNI, Polisi Klaim Situasi Kondusif

Selasa, 17 Januari 2023 - 08:11 WIB
Polda Sulteng memastikan bahwa situasi pascabentrok antara karyawan tenaga kerja asing (TKA) asal China dengan pekerja lokal di PT GNI Morowali Utara, Sulawesi Tengah (Sulteng) sudah kondisi. Foto Jemmy Hendrik
MOROWALI UTARA - Polda Sulteng memastikan bahwa situasi pascabentrok antara karyawan tenaga kerja asing (TKA) asal China dengan pekerja lokal di PT GNI Morowali Utara, Sulawesi Tengah (Sulteng) sudah kondisi. Meski situasi sudah kondusif, polisi masih melakukan pengamanan ketat di dalam dan pintu-pintu keluar masuk PT GNI.

Kabid Humas Polda Sulteng Kombes Pol Didik Supranoto megatakan, saat ini juga aktivitas di lokasi dihentikan untuk menghindari keributan lanjutan.

"Situasi saat ini kondusif. Untuk aktivitas perusaaan untuk sementara dihentikan sementara setelah ada evaluasi dari pihak-pihak terkait mungkin akan beroperasi kembali," katanya, Senin (16/1/2023).

Diketahui bentrok antara TKA dengan pekerja lokal di PT GNI pada Sabtu (14/1/2023) itu mengakibatkan dua orang tewas. Polisi mengamankan 71 orang, 31 sudah diperiksa dan sisanya belum dilakukan pemeriksaan.

Dari hasil pemeriksaan itu, sebanyak 17 ditetapkan sebagai karena diduga terlibat aksi pengerusakan di PT GNI saat terjadi bentrok antarkaryawan.



"Sudah dilakukan pemeriksaan 31 orang, 17 terbukti melakukan pengerusakan di PT GNI kemarin. 17 orang ini setelah dilakukan penetapan atau peningkatan kasus ke penyelidikan bisa jadi tersangka, sementara 16 yang tidak terbukti ini akan wajib lapor. Untuk sisanya akan dilakukan pemeriksaan kembali," ungkapnya.

Saat ini, kasus ini masih dalam penanganan kepolisian setempat dan akan melakukan pemeriksaan pihak PT GNI dan Karyawan yang terlibat keributan tersebut.
(don)
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More