Paspampres Bangun Sumur Bor di Gunungkidul, Cukupi Kebutuhan Air Bersih 1.000 KK

Rabu, 11 Januari 2023 - 16:27 WIB
Di sumur yang baru dibor tersebut, nantinya akan mengeluarkan air sebesar 1 liter per detik. Sehingga mampu mengaliri 1.000 orang penduduk warga sekitar. Ia berharap kepada masyarakat untuk dapat bermanfaat dan mampu memelihara serta menjaganya.

Bupati Gunungkidul, Sunaryanta mengatakan air memang masih menjadi persoalan di sebagian wilayah Gunungkidul. Oleh karenanya jika dia diperintahkan menghadap ke suatu instansi karena memang masih banyak wilayah yang belum terintervensi.

"Masih banyak wilayah yang belum terintervensi seperti di utara, timur dan selatan yang memang berupa pegunungan. Di mana di wilayah itu masih membutuhkan air baku," tutur Sunaryanta.

Kepala Balai Besar Wilayah Serayu Opak (BBWSO) Dwi Purwantoro mengatakan, untuk pembuatan sumur bor ini pihaknya memang mendirikan alat secara langsung dari BBWSO, bukan pihak ketiga. Sehingga dipastikan air keluar kaeena rencana mereka akan menggali sampai air keluar.

"Sebelum dilakukan pengeboran kami sudah melakukan uji geolistrik. Kami temukan cekungan air ambivier 30 meter cukup mengambil air 1 liter per detik. Debit tersebut bisa mencukupi 1000 orang di sekitar sini," pungkasnya.
(shf)
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More