4 Tokoh Pemersatu Nusantara, Yang Terakhir Mendunia dengan Jasa Selalu Dikenang

Senin, 09 Januari 2023 - 13:53 WIB
Dalam sejarahnya, Kerajaan Sriwijaya diperkirakan telah berhasil menguasai sebagian besar wilayah Sumatera. Bahkan sempat memperluas wilayah kekuasaannya hingga Semenanjung Malaya.

Sebagai representasi kesejahteraan semua makhluk yang diperuntukkan pada rakyatnya, Dapunta Hyang Sri Jayasana juga sempat membuat Taman Sriksetra. Hal tersebut terkandung dalam Prasasti Talang Tuwo.

2. Gajah Mada

Dilansir dari Jurnal "Gajah Mada Sang Maha Patih Pemersatu Nusantara di Bawah Majapahit Tahun 1336 M- 1359 M", Gajah Mada seorang tokoh politik pada zaman itu telah memberikan inspirasi yang sangat besar bagi pembentukan kesatuan nusantara.

Keberhasilan mempersatukan bangsa yang heterogen ini telah memperkaya budaya bangsa menjadi bangsa yang besar dan berwibawa di mata negara tetangga.

Gajah Mada diangkat sebagai mahapatih Kerajaan Majapahit pada masa pemerintahan Tribhuwana Tunggadewi karena jasanya dalam menumpas pemberontakan.

Saat diangkat menjadi seorang patih, Gajah Mada mengucapkan Sumpah Palapa yang tercatat dalam Kitab Pararaton. Sumpah Palapa ini kemudian disebut sebagai sumpah untuk menyatukan bumi nusantara.

Tak sendirian, Gajah mada juga didukung oleh Adityawarman dan Laksamana Nala dalam upayanya mempersatukan Nusantara.

Palapa dalam sumpah tersebut diartikan sebagai rempah-rempah atau rempah kehidupan yang berarti Patih Gajah Mada tidak akan menikmati kehidupan dunia sebelum sumpahnya itu terwujud.

Baca juga : Ajak Jaga NKRI, Mahfud MD: Pancasila Terbukti Jadi Pemersatu Bangsa
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More