Gempa Dahsyat Bermagnitudo 6,4 Guncang Garut, Rangkaian Megathrust

Sabtu, 03 Desember 2022 - 19:27 WIB
Gempa dasyat berkekuatan magnitudo (M)6,4 mengguncang Garut, Sabtu (3/12/2022) petang. Gempa berkekuatan magnitudo 6,4 itu merupakan rangkaian megathrust. Foto/BMKG
GARUT - Gempa dasyat berkekuatan magnitudo (M)6,4 mengguncang Kabupaten Garut, Jawa Barat, Sabtu (3/12/2022) petang. Gempa terkini berkekuatan magnitudo 6,4 itu merupakan rangkaian megathrust.

Kepala Stasiun Geofisika Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Bandung, Teguh Rahayu menjelaskan, gempa megathrust merupakan gempa yang terjadi di daerah pertemuan antara lempeng tektonik bumi di lokasi zona subduksi.



"Ini menurut kami masih masuk ke rangkaian megathrust. Sampai ini dari monitoring kami belum mencatat adanya gempa susulan," ujar Teguh.

Meski masuk dalam rangkaian gempa megathrust, namun berdasarkan perhitungan pihaknya, gempa tersebut seharusnya tidak berpotensi menimbulkan kerusakan. Terlebih, kata Teguh, pusat gempa juga cukup dalam.



"Harusnya tidak berpotensi ada kerusakan karena kedalamannya lumayan ke bawah," katanya.

Teguh juga memastikan bahwa gempa yang juga dirasakan di berbagai wilayah lainnya di Jabar, termasuk Kota Bandung dengan getaran cukup kuat itu tidak berpotensi menimbulkan tsunami.



"Ini karena masuk ke dalam kategori kedalaman menengah dan kenapa dirasakan? Karena magnitudonya besar, tapi sejauh ini pengamatan BMKG belum menyatakan berpotensi tsunami," tandasnya.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More