Batu Besar di Jalur Garut-Bungbulang Berhasil Dievakuasi, Jalan Bisa Kembali Dilalui

Jum'at, 25 November 2022 - 16:49 WIB
Ilustrasi longsor. Foto: Istimewa
GARUT - Material longsor di Jalan Raya Garut-Bungbulang, kawasan Tagogan Desa Pananjung, Kecamatan Pamulihan, Kabupaten Garut, berhasil dievakuasi. Hari ini, jalan tersebut pun sudah bisa dilalui.

Kapolsek Pamulihan, Iptu Masrokan mengatakan, kondisi lalu lintas di jalur tersebut kembali normal setelah Pemerintah Provinsi Jawa Barat, melalui Dinas Pekerjaan Umum (PU) mengevakuasi material longsor batu besar.

"Untuk menggeser bongkahan batu tidak bisa dilakukan secara manual, tetapi harus menggunakan alat berat. Alhamdulilah jalur Cikajang-Bungbulang dan sebaliknya sudah berangsur normal," katanya, Jumat (25/11/2022).



Sebelum alat berat Dinas PU Pemprov Jabar tiba, aparat kepolisian bersama masyarakat mencoba membersihkan material longsor secara manual. Polisi juga mengatur arus lalin karena pengguna jalan mesti bergantian melintas.



"Waktu menunggu alat berat bantuan dari pemerintah, kami bersama warga bergotong-royong membersihkan material tanah dengan alat seadanya secara manual," bebernya.

Dirinya pun mengimbau kepada masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan, khususnya bagi pengguna jalan tujuan Garut Selatan yang dinilai rawan longsor.



"Kami mengimbau masyarakat atau pengguna kendaraan yang melintasi jalur selatan dari arah Cikajang menuju Pakejeng-Bungbulang agar waspada dan berhati-hati saat melintas," pungkasnya.

Sebelumnya, bencana longsor terjadi di wilayah itu, sejak Kamis sore. Peristiwa tertutupnya setengah badan jalan oleh material longsor dan batu besar ini membuat jalur tersebut tak bisa dilalui oleh kendaraan.
(san)
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More