Banjir Terjang Mamuju, Permukiman Terendam Satu Rumah Hanyut

Selasa, 11 Oktober 2022 - 23:48 WIB
Warga hanya bisa pasrah melihat rumahnya hanyut terbawa arus banjir di Kecamatan Kalukku, Mamuju, Sulawesi Barat, Selasa (11/10/2022). Foto: Tangkapan Layar
MAMUJU - Hujan deras yang mengguyur sebagian besar wilayah Kabupaten Mamuju , Sulawesi Barat, Selasa (11/10/2022) mengakibatkan meluapnya sungai di Desa Pamulang, Kecamatan Kalukku, hingga merendam permukiman warga.

Banjir diperparah akibat longsor di tepi gunung yang menutup badan sungai, sehingga air masuk ke permukiman warga dan menutup akses jalan keluar masuk di desa itu.



"Hujan deras dari tadi siang, terus ada juga gunung longsor dan menutup sungai sehingga air masuk dalam perkampungan," ujar salah seorang warga, Sirman via telepon, Selasa (11/10/22).

Bukan hanya jalan keluar masuk desa, tetapi jalur trans Sulawesi ikut terendam hingga warga takut melintas.



Selain merendam permukiman, salah satu rumah warga ikut tersapu banjir. Informasi yang dihimpun, dua pemukiman utama yang terendam yakni Dusun Pamulukang Timur dan Dusun Pamulukang Barat.

"Satu rumah hanyut, akses keluar masuk juga belum bisa dilalui. Beberapa warga sudah pindah ke tempat lebih tinggi,” ujar Sirman.



Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Mamuju, Taslim mengatakan, saat ini telah tim rescue telah berada di lokasi dan memprioritaskan evaluasi bagi warga.

"Saya dan anggota sudah di lapangan, saat ini prioritas utama melakukan evakuasi pada warga yang terjebak banjir,” katanya.
(nic)
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More