Iran Siap Orbitkan Satelit Buatan Sendiri

Minggu, 05 Oktober 2014 - 18:22 WIB
Iran Siap Orbitkan Satelit Buatan Sendiri
Iran Siap Orbitkan Satelit Buatan Sendiri
A A A
TEHERAN - Iran nampaknya tidak main-main untuk mewujudkan mimpi sebagai salah satu negara dengan teknologi paling maju di kawasan Timur Tengah. Negara tersebut kini dikabarkan tengah mempersiapkan untuk meluncurkan satelit-satelit buatan mereka sendiri.

Melansir RIANOVOSTI, Minggu (5/10/2014), Wakil Kepala Badan Antariksa Iran (ISA) Hamid Fazeli menyatakan saat ini pihaknya tengah mempersiapkan persiapan akhir ketiga satelit tersebut. Pernyataan tersebut disampaikan saat pembukaan pekan antariksa internsaional di Teheran.

“Ketiga satelit yang akan diorbitkan memiliki nama Zafar, Tolou dan Autsat. Fungsi utama dari satelit tersebut adalah untuk mengirimkan transmisi gambar dari luar angkasa ke stasiun antariksa yang ada di bumi,” ungkap Fazeli.

Dari tiga satelit tersebut, satu sudah rampung dibangun sedangkan dua lainnya masih dalam proses pembangunan. Mei lalu, Fazeli menyatakan rencananya kedua satelit terserbut akan diluncurkan pada pertengahan 2015 dan 2018 mendatang.

Selain akan mengirimkan satelit, ISA juga dikabarkan tengah mempersiapan diri untuk mengirim seorang astronot asal Iran keluar angkasa. Rencananya, ISA akan melakukan pengiriman astronot tersebut pada tahun 2018.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3095 seconds (0.1#10.140)