Cuaca Ekstrem Masih Berlanjut Sepekan ke Depan, Jabar Diminta Waspada Bencana

Minggu, 09 Oktober 2022 - 14:16 WIB
Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi, cuaca ekstrem masih akan terus terjadi hingga satu pekan ke depan. (Ist)
BANDUNG - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi, cuaca ekstrem masih akan terus terjadi hingga satu pekan ke depan.

Masyarakat diminta tetap waspada terhadap potensi terjadinya bencana hidrometeorologi seperti banjir, banjir bandang, tanah longsor, hingga angin kencang.

Kepala Stasiun Klimatologi Jawa Barat Indra Gustari mengatakan, kondisi dinamika atmosfer di wilayah Indonesia masih cukup signifikan berpotensi meningkatkan potensi cuaca ekstrem di beberapa wilayah dalam sepekan ke depan, termasuk Jawa Barat.

Hasil analisis dinamika atmosfer terkini menunjukkan adanya sirkulasi siklonik yang membentuk pola belokan angin serta perlambatan kecepatan angin yang dapat meningkatkan aktivitas konvektif dan pertumbuhan awan hujan.

Kemudian masih aktifnya fenomena gelombang atmosfer seperti MJO (Madden Julian Oscillation) yang berinteraksi dengan gelombang Rossby Ekuatorial dan gelombang Kelvin.



"Kondisi ini secara tidak langsung masih akan meningkatkan pertumbuhan awan hujan di beberapa wilayah Indonesia termasuk sebagian wilayah Jawa Barat dalam beberapa hari ke depan, " jelasnya, Minggu (9/10/2022).

BMKG memperkirakan potensi curah hujan dengan intensitas sedang dan lebar yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang pada periode 9 - 15 Oktober 2022 di Jawa Barat.

Baca: Berduaan di Kamar Hotel, Puluhan Pasangan Remaja Mesum Diamankan Satpol PP Pa dang.

Di antaranya di Bogor, Depok, Bekasi, Sukabumi, Cianjur, Karawang, Purwakarta, Subang, Bandung Barat, Cimahi, Bandung, Garut, Sumedang, Cirebon, Indramayu, Majalengka, Kuningan, Tasikmalaya, Ciamis, Banjar, dan Pangandaran.

"Untuk periode tiga hari kedepan berdasarkan prakiraan berbasis dampak, wilayah Jawa Barat khususnya bagian barat, tengah dan selatan masih berpotensi terdampak hujan lebat dengan kategori siaga, " imbuh dia.

Baca Juga: Bus Zig-zag Tabrak 2 Rumah di Lamongan Akibatkan 8 Orang Terluka.

Tak hanya itu, BMKG juga memperingatkan potensi gelombang tinggi pada tanggal 08-14 Oktober 2022 di sebagian perairan wilayah Indonesia termasuk di samudera Hindia selatan Jawa (juga mencakup perairan selatan Jawa Barat) yang mencapai 2.5–4.0 M.
(nag)
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More