Gandeng Korsel, Sukabumi Sukses Garap Proyek Sistem Manajemen Kebocoran Air Pintar

Sabtu, 02 Juli 2022 - 06:19 WIB
"Selama periode proyek ini, WI.Plat menyelesaikan pengembangan teknologi lokalisasi untuk wilayah Sukabumi dimana kebocoran air merupakan masalah serius," ujar Abdul Kholik.

Bersama mitra lokal di Indonesia, PT SUPRA Internasional Indonesia, lanjut Abdul Kholik, pihaknya melakukan kegiatan pengurangan kebocoran lokal, seperti pelatihan peningkatan kapasitas sumber daya manusia (SDM) dan penerapan platform manajemen kebocoran air bersih dan pembangunan sistem saluran air bersih di Kota Sukabumi.

"Melalui pilot project yang dilakukan, 40 titik kebocoran signifikan berhasil ditemukan dan diperbaiki di dua area pilot project," katanya.

Proyek ini sendiri telah berhasil menekan pengurangan kebocoran air bersih sekitar 1.500 m3 per hari, yang cukup untuk memasok air keran tambahan ke lebih dari 3.000 warga Kota Sukabumi.

Sementara itu, CEO WI.Plat Co. Ltd, Sanghoon-Cha mengatakan bahwa WI.Plat berencana untuk melakukan program CTS ke-2 sebagai lanjutan pencapaian program CTS ke-1.

"Pihak delegasi Sukabumi sudah mengunjungi kantor command center K-Water yang baru, yang berfungsi sebagai ruang kontrol pasokan air dan water treatment plan pabrik pemurnian air untuk membahas cara kerja sama khusus untuk bisnis di masa depan," katanya.

Direktur Utama PT SUPRA Internasional Indonesia, Adhi Pramudito menambahkan, kerja sama yang telah dibangun ini menjadi awal dari rencana strategis untuk memperkenalkan bisnis manajemen kebocoran air pintar ke pasar Indonesia.
(msd)
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More