Khofifah-Eri Cahyadi Susuri Sungai Kalimas: Sangat Keren Seperti di Venice, Italia

Rabu, 01 Juni 2022 - 13:10 WIB
"Spot Pasar Apung memang paling ditunggu. Sehingga ke depan alhamdulillah masyarakat bisa melihat lebih dekat Gedung Negara Grahadi yang pada awal didirikan dan digunakan menghadap ke sungai karena transportasi utama saat itu melalui sungai," ungkapnya.

Setelah mampir ke Pasar Apung, Khofifah bersama Eri dan Ketua TP PKK Surabaya, Dirjen Kebudayaan serta Kasko Armada 2 yang berada dalam satu perahu melanjutkan perjalanan menuju Taman Ekspresi. Setibanya di sana, mantan Menteri Sosial RI itu menyaksikan sekaligus mengapresiasi pameran lukisan yang dibawakan oleh Komunitas Cat Air Indonesia (KOLCAI) Surabaya.

Masih di sekitar Taman Ekspresi, terdapat Museum Pendidikan. Di dalam museum, Khofifah menyempatkan diri untuk melihat koleksi-koleksi pendidikan serta berbagai naskah manuscript Museum Pendidikan menyimpan dengan rapi Al Qur'an lama berbahan kertas bergaris yang terdiri dari aksara Arab murni dan Arab Pegon.

Bahkan sebagian besar naskahnya berbahasa Arab dan ada beberapa terjemahan Jawa dengan Arab Pegon. "Naskah ini berisi tentang tata bahasa Arab, pujian serta doa-doa," tuturnya.

Bergerak dari Museum Pendidikan, Khofifah dan Eri beserta tamu undangan akhirnya tiba di titik terakhir, dermaga Siola. "Setelah menelusuri, sangat keren sekali seperti di Venice, Italia," pujinya.

Usai menikmati perjalanan yang mengesankan, Khofifah menyatakan bahwa, sungai Kalimas merupakan bagian sejarah yang saat ini bisa dijadikan wisata untuk dinikmati masyarakat Surabaya dan sekitarnya.

"Potensi sungai Kalimas untuk dijadikan tempat wisata air dengan tambahan spot-spot yang akan ditambahkan Pemkot Surabaya sangat mumpuni untuk dijadikan wisata favorit masyarakat Surabaya dan sekitarnya," imbuhnya.

Sementara itu, Eri Cahyadi berjanji akan menambahkan titik atraksi sehingga wisatawan yang sedang naik perahu tidak merasa sepi, melainkan dapat menikmati suguhan suasana lainnya. "Akan kami tambahkan spot foto, spot musik, dan pelaku UMKM. Jadi nanti ketika melewati tidak sekadar melewati tapi ada suguhan lainnya," katanya.
(don)
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More