Libur Lebaran Usai, Tidak Ada WFH bagi ASN Pemprov Jawa Timur

Selasa, 10 Mei 2022 - 03:02 WIB
Gubernur Jawa Timur (Jatim) Khofifah Indar Parawansa memimpin Apel Senin Pagi sekaligus Halal Bihalal yang digelar di halaman Kantor Gubernur Jatim. Foto SINDOnews
SURABAYA - Gubernur Jawa Timur (Jatim) Khofifah Indar Parawansa memimpin apel Senin pagi sekaligus halal bihalal yang digelar di halaman Kantor Gubernur Jatim, Senin (9/5/2022). Kegiatan ini diikuti ratusan Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Setdaprov Jatim.

Dalam kesempatan ini, Khofifah menyatakan, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur (Jatim) tidak menerapkan Work From Home (WFH) atau bekerja dari rumah, usai Lebaran 1443 Hijriyah atau 2022.

Ini berbeda dengan usulan Menteri Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Tjahjo Kumolo agar ASN bekerja dari rumah atau WFH selama seminggu setelah puncak arus balik pada 8 Mei 2022.

Menurut Khofifah, Jatim bukan menjadi wilayah tujuan arus balik, sehingga tidak ada relevansinya jika harus menambah hari libur maupun WFH bagi ASN. Berbeda dengan wilayah Jakarta, yang menjadi tujuan arus balik.

"Relevansinya untuk Jawa Timur kan nggak ada kawan kawan, jadi kalau kemarin itu (WFH) untuk mengatur traffic dari Jawa ke Jakarta supaya tidak pada saat yang sama menumpuk ya," ujarnya.



Selain itu, Khofifah mengingatkan para ASN Pemprov Jatim agar lebih peka terhadap permasalahan yang tengah terjadi di masyarakat. Seperti pada kasus penyakit mulut dan kuku (PMK) yang terjadi pada hewan ternak di beberapa wilayah di Jatim.

"Saat ini Pemprov Jatim masih dan akan terus berkoordinasi dengan seluruh sektor terkait langkah pencegahan," katanya. Baca juga: Prabowo Ngaku Banyak Belajar Swasembada Pangan dan Ekonomi Kerakyatan dari Khofifah

Bahkan, pihaknya telah meminta kepada Ikatan Alumni Universitas Airlangga (Unair) dari Fakultas Kedokteran Hewan (FKH) untuk menerjunkan tim sebanyak mungkin menangani kasus tersebut.

Sehingga, penyebaran PMK tidak semakin meluas. "Masalah PMK ini sangat penting dikomunikasikan ke masyarakat mengingat semakin dekatnya momen Hari Raya Idul Adha," terangnya.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More