Amankan Objek Wisata, Polda Jateng Kerahkan Ratusan Personel Pam Obvit

Senin, 02 Mei 2022 - 22:07 WIB
Kapolda Jateng, Irjen Pol Ahmad Luthfi. Foto/Bidhumas Polda Jateng
SEMARANG - Ratusan personel Direktorat Pengamanan Objek Vital (Dit Pam Obvit) Polda Jateng, bakal dikerahkan untuk mengamankan sejumlah objek wisata di wilayah Jateng, pada Selasa (3/5/2022). Pengerahan ratusan personel ini dilakukan, untuk mengantisipasi membeludaknya wisatawan di hari kedua lebaran.



Kabid Humas Polda Jateng, Kombes Pol. M. Iqbal Al-Quduasy mengatakan, diprediksi akan terjadi ledakan pengunjung di berbagai pusat strategis, pada Selasa (3/5/2022). Hal ini karena banyak pemudik yang ingin menghabiskan masa libur lebaran di Jateng, di samping silaturahmi bersama sanak keluarga di kampung halaman.

"Pusat keramaian yang diprediksi banyak pengunjung yakni tempat wisata, pusat perbelanjaan, pusat oleh oleh, tempat makan dan lain-lain. Tempat wisata yang diperkirakan ramai pengunjung antara lain Tawangmangu, Barutaden, Guci, Kopeng, Borobudur, serta wisata pantai," kata Iqbal, Senin (2/5/2022) malam.



Terkait hal itu, ia menyebut Kapolda Jateng, Irjen Pol. Ahmad Luthfi telah memerintahkan anggotanya dari Dit Pam Obvit untuk mengamankan tempat-tempat tersebut. "Polda Jateng mengerahkan 100 anggota Pam Obvit untuk berbagai wilayah di Jateng. Jumlah ini tentunya bakal diperkuat dengan personel Polres, menyesuaikan kebutuhan di lapangan," tegasnya.

Personel itu, lanjutnya, nantinya memiliki berbagai tugas. Di antaranya koordinasi dengan pengelola tempat dan instransi terkait, pemetaan kerawanan, patroli dialogis, patroli edukasi, dan penegakkan protokol kesehatan, pengamanan lokasi wisata dan pengunjung, serta mengecek kapasitas pengunjung.



"Selain itu, Polres jajaran akan menyediakan gerak vaksinasi booster. Yang belum booster, bakal kita ajak untuk vaksinasi. Dengan cara ini, kita optimis mudik dan wisata tahun ini aman serta sehat. Kami imbau kepada wisatawan agar menjaga barang bawaan secara benar, sehingga tak memancing pelaku kejahatan. Selain itu, tetaplah patuh protokol kesehatan," pungkasnya.
(eyt)
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More Content