Status Gunung Ruang Naik Jadi Waspada, Radius 1,5 Km dari Kawah Terlarang Bagi Warga

Minggu, 17 April 2022 - 13:35 WIB
PVMBG menaikkan status Gunung Ruang di Sulawesi Utara dari level 1 normal menjadi level II waspada.Foto/ist
BANDUNG - Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi ( PVMBG ) menaikkan status Gunung Ruang di Kecamatan Tagulandang, Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro, Sulawesi Utara dari level 1 normal menjadi level II waspada mulai Sabu (16/4/2022). Kenaikan itu berdasarkan hasil analisis data visual dan instrumental serta mempertimbangkan potensi ancaman bahaya.

Menurut Kepala PVMBG Andiani, hasil pemantauan terkini secara visual sejak 1-16 April 2022, gunung api terlihat jelas hingga tertutup kabut. Asap kawah tidak teramati. Secara umum belum teramati perubahan signifikan pada aktivitas di permukaan. Rekaman kegempaan berfluktuasi, namun secara umum menunjukkan adanya peningkatan terutama gempa-gempa Vulkanik Dalam sejak tanggal 7 April 2022.

Baca juga: KA Pengangkut BBM Tabrak dan Seret Minibus di Malang, Pengemudi Selamat

"Gempa Vulkanik Dalam ini terjadi akibat intrusi magma dari dalam dan mengindikasikan peningkatan aktivitas vulkanik di G. Ruang pada saat ini. Peningkatan aktivitas vulkanik ini berpotensi untuk diikuti letusan meskipun tidak dapat dipastikan kejadiannya," jelas dia dalam siaran persnya.

Sehubungan dengan kenaikan tingkat aktivitas G. Ruang menjadi Level II (Waspada) maka PVMBG memberi beberapa rekomendasi. Pertama, masyarakat dan pengunjung/wisatawan tidak melakukan kegiatan/memasuki di area G. Ruang pada radius 1,5 km dari kawah/ puncak dan sektoral 2,5 km pada sektor timur, tenggara, selatan dan baratdaya.



Kedua, masyarakat agar senantiasa menyiapkan masker penutup hidung dan mulut, guna mengantisipasi potensi bahaya abu vulkanik jika erupsi terjadi. Ketiga, Masyarakat di sekitar G. Ruang diharapkan tenang tidak terpancing isu-isu tentang letusan G. Ruang. Masyarakat harap selalu mengikuti arahan dari Pemerintah Daerah.

Diketahui, Gunung Ruang di Pulau Ruang adalah gunungapi aktif Indonesia yang posisi geografisnya berada di Kepulauan Sangihe Talaud, di utara Pulau Sulawesi. Puncak gunung api ini berada pada ketinggian 725 meter di atas permukaan laut. Gunung Ruang secara administratif termasuk ke dalam wilayah Kecamatan Tagulandang, Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro, Sulawesi Utara.

Gunung Ruang diamati secara visual dan instrumental dari Pos Pengamatan Gunungapi (PGA) yang berlokasi di Desa Tulusan Kecamatan Tagulandang Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro, Sulawesi Utara.
(msd)
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More