Karantina Wisman Dihapus, Peningkatan Kunjungan ke Bali Sentuh 200%

Minggu, 20 Maret 2022 - 11:59 WIB
Peningkatan kunjungan wisman ke Pulau Bali mencapai 200 persen sejak aturan karantina dihapus.Foto/dok
DENPASAR - Wisatawan mancanegara ( wisman ) yang datang ke Bali sejak karantina dihapus terus meningkat. Prosentase kenaikan menyentuh 200%.

"Sebelum penerapan bebas karantina dan visa on arrival 8 Maret 2022, rata-rata satu harinya 120 orang. Setelah aturan itu berlaku menjadi 358 orang per hari," kata Kasi Pengembangan Pasar Pariwisata Dinas Pariwisata Bali Gunandika, Minggu (20/3/2022).

Baca juga: Hilang 2 Hari, Nenek Komang Ditemukan Tewas Mengambang di Sungai

Di Bandara Ngurah Rai, kedatangan penumpang dari luar negeri sejak aturan bebas karantina sebanyak 4.579 orang per 17 Maret 2022. Kedatangan harian tertinggi sebanyak 862 orang pada 16 Maret 2022.

Sementara, untuk wisatawan domestik atau wisdom juga mengalami peningkatan sejak diberlakukannya tanpa tes antigen dan swab PCR bagi para pelaku perjalanan dalam negeri, pihaknya mencatat kedatangan wisdom kini per hari rata-rata 21 sampai 22 ribu dari jalur udara, laut dan darat.



"Kalau, untuk wisatawan domestik peningkatan juga ada. Dari rata-rata 15 ribu menjadi 21 sampai 22 ribu per hari itu dari semua udara, laut dan udara. Itu ada pengaruhnya dihapusnya swab PCR dan antigen," ujar Gunandika.

Ia memprediksi, kedepannya akan semakin banyak wisdom maupun wisman yang datang ke Bali. Apalagi, ada rencana Pemerintah Pusat akan menambah visa on arrival ke negara lainnya dan juga tergantung adanya penambahan maskapai lainnya datang ke Bali.

"Kemungkinan tambah banyak karena wisatawan mancanegara , mungkin ada yang baru tau kalau bebas karantina dan visa on arrival. Kalau wisman kan benar-benar direncanakan kalau liburnya. Tergantung dari maskapai dan kebijakan pemerintah rencana penambahan (negara) visa on arrival sekarang, baru 23 negara," ujarnya.
(msd)
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More