KM Sumber Kharisma Tenggelam di Selat Malaka, 9 ABK Nekat Ceburkan Diri ke Laut

Senin, 28 Februari 2022 - 19:04 WIB
KM Sumber Kharisma Tenggelam di Selat Malaka, 9 ABK nekat ceburkan diri ke laut hingga berhasil diselamatkan TNI AL Lanal Lhokseumawe bersama nelayan setempat. Foto: Istimewa
LHOKSEUMAWE - Kapal Motor (KM) Sumber Kharisma mengalami kecelakaan laut , 16 Mil dari daratan Peureulak, Aceh Timur , Senin (27/2/2022). Kapal ikan itu mengangkut 9 Anak Buah Kapal ( ABK ) dan nahkoda.

Beruntung, 9 ABK dan nahkoda kapal yang tenggelam di Perairan Selat Malaka itu berhasil diselamatkan dan dievakuasi setelah nekat menceburkan diri ke laut dan diselamatkan nelayan yang melintas.

Lanal Lhokseumawe melalui Pos TNI AL Idi Rayeuk bersama nelayan setelah mendapat laporan tersebut bergerak cepat ke lokasi dan berhasil mengevakuasi korban ke daratan.







Komandan Lanal Lhokseumawe Kolonel Marinir Dian Suryansyah setelah mendapat laporan dari masyarakat addanya kecelakaan laut langsung memerintahkan Danposal Idi Rayeuk Aceh Timur agar segera melaksanakan SAR (Search and Rescue) terhadap ABK KM. Sumber Kharisma yang mengalami kecelakaan diperairan Aceh Timur.

Danposal Idi Rayeuk Letda Laut (E) Mustamin melaporkan, kesiapan melaksanakan SAR dengan Patkamla Hantu Laut, namun karena cuaca ekstrim, maka Kapal Patkamla Posal Idi Rayeuk sangat beresiko mengalami kecelakaan laut.

"Sehingga Komandan Posal berkoordinasi dengan Nelayan setempat untuk menyiapkan beberapa kapal besar untuk mengevakuasi para ABK KM. Sumber Kharisma yang tenggelam," katanya.

Kolonel Marinir Dian Suryansyah dalam keterangan persnya menyampaikan, kronologis terjadinya kecelakaan KM. Sumber Kharisma yang tenggelam terjadi pada Minggu dini (27/2/2022) pukul 05.00 WIB.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More