Kolaborasi Komunitas Kumpul 317 Kantong Darah di Luwu Raya

Kamis, 04 November 2021 - 20:00 WIB
Kolaborasi komunitas di Luwu Raya sukses mengumpulkan ratusan kantong darah pada aksi donor darah di empat daerah yakni Palopo, Belopa, Malili dan Masamba. Foto: Istimewa
PALOPO - Tidak cuma di Kota Makassar, kolaborasi komunitas juga sukses menyelenggarakan aksi donor darah 'Bakti Pemuda, Setetes Darah Untuk Negeri 2021' di Luwu Raya pada Oktober lalu. Komunitas maupun masyarakat antusias berpartisipasi pada kegiatan yang digelar di empat daerah yakni Palopo, Belopa, Masamba, dan Malili. Buktinya, partisipan mencapai 444 orang dan menghasilkan 317 kantong darah.

Koordinator Acara Muhammad Ashari Thamrin mengaku tidak menyangka dengan besarnya euforia dan antusiasme komunitas maupun masyarakat dalam kegiatan donor darah tersebut. Menurutnya, jumlah kantong darah yang berhasil diperoleh tahun 2021 ini meningkat hampir empat kali lipat dibandingkan tahun lalu, yang hanya terkumpul 83 kantong darah.

“Pencapaian dari teman-teman komunitas dan masyarakat di Palopo, Belopa, Masamba, dan Malili sungguh luar biasa. Saya sendiri tidak menyangka dan sangat mengapresiasi pencapaian ini. Banyaknya kantong darah yang terkumpul ini menjadi bukti tingginya rasa kepedulian dari anggota komunitas dan masyarakat untuk bisa membantu sesama,” kata Ashari, dalam keterangan persnya, Kamis (4/11).

Baca Juga: Peringati Kesaktian Pancasila, MCC Gelar Aksi Donor Darah

Mayoritas peserta yang ambil bagian dalam kegiatan kemanusiaan ini berasal dari komunitas motor Bold Riders Sawerigading. Mereka terdiri Riderhood Sporty Palopo, Riderhood Custom Palopo, Riderhood Car Palopo, Bikers Mengaji Palopo, Tiger Owners Club Palopo, Tiger Owners Club Belopa, Yamaha Vixion Club Masamba, Yamaha Vixion Club Belopa, MX Riders Communty Belopa, CB Masamba Custom Classic, Luwu Utara Max Owners, NMax Riders Masamba, Aerox Club Palopo, dan Honda PCX Club Palopo.

Ada juga peserta dari Sawerigading Scoter Club, XYI Region Toraja, Luwu Kijang Club, Yamaha Nmax CIub Indonesia Belopa, Djaskoe, Luwu Art Community, Bikers Sawerigading Club, Scooter Matic Brotherhood Malili, Luwu Timur Max Owners, Sorowako Max Riders, Sorowako Stunt Ride, Tiger Asosiasi bandung, Amel Luwu, Skuter Kota Asal Palopo (SKA Palopo), dan Blanksack Indonesia Malili.

Total terdapat 29 komunitas yang berasal Bold Riders Sawerigading. Selain itu, masih ada 19 komunitas lain yang ikut serta.

Komunitas yang terlibat dalam kegiatan donor darah ini merupakan bagian dari Kolaborasi Komunitas Indonesia Timur Area (Kolaborasi KITA). Untuk menggugah semangat nasionalisme dan jiwa kebangsaan diantara ribuan anggota komunitas, Kolaborasi KITA kembali menggelar kegiatan donor darah bertajuk ‘Bakti Pemuda, Setetes Darah Untuk Negeri 2021’. Kegiatan yang bertepatan dengan bulan Sumpah Pemuda itu melibatkan lebih dari 800 komunitas dengan ribuan anggota di 88 Kota/Kabupaten di Indonesia Timur.

Program donor darah ‘Bakti Pemuda, Setetes Darah Untuk Negeri 2021’ ini merupakan bagian dari rangkaian kegiatan sosial yang telah diinisiasi oleh Kolaborasi KITA sejak tahun 2020. Seperti Program ‘KITA Berbagi, Merajut Peduli Untuk Sesama’ yang dilakukan bersamaan dengan momentum Hari Raya Kurban 1442 H pada 20-23 Juli 2021. Selain itu, ada juga program Tanggap Bencana (Tagana) KITA yang merupakan kegiatan untuk membantu masyarakat yang terkena bencana.

Baca Juga: Semen Tonasa Gelar Donor Darah Sebagai Rangkaian HUT ke-53 Tahun

Dalam berbagai kegiatan itu, Kolaborasi KITA didukung berbagai komunitas besar seperti Super Friends, Bold Riders dan Karang Taruna (Karta) Heppiii Community yang tersebar di berbagai kota di Indonesia Timur.

Kegiatan donor darah ‘Bakti Pemuda, Setetes Darah Untuk Negeri 2021’ juga diharapkan akan memecahkan rekor dari Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI). Ada dua kategori rekor MURI yaitu Donor Darah di Kabupaten/Kota Terbanyak dan pemecahan rekor donor darah oleh komunitas terbanyak.

Sebelumnya di tahun 2020, Kolaborasi KITA juga telah mendapat penghargaan MURI yaitu Donor Darah oleh Komunitas Terbanyak dan Donor Darah oleh Karang Taruna (Karta) Terbanyak. Kedua rekor MURI itu diperoleh dalam program donor darah bertajuk ‘Bakti Pemuda, Setetes Darah Untuk Negeri’ yang digelar pada bulan Sumpah Pemuda, Oktober 2020.
(tri)
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More Content