Promosikan Desa Wisata, Kartar Sukapura Probolinggo Kibarkan Bendera Raksasa di Tebing 120 Meter

Kamis, 26 Agustus 2021 - 09:00 WIB
Bendera raksasa dipasang karang taruna Sukapura, Probolinggo pada momentum HUT kemerdekaan sekaligus mempromosikan desa wisata setempat.Foto/ist
PROBOLINGGO - Agustus yang menjadi momentum Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT RI) dimanfaatkan karang taruna (kartar) Desa Sukapura, Kecamatan Sukapura, Probolinggo, Jawa Timur untuk mempromosikan desa wisata. Anak muda di kartar yang tergabung dalam Heppiii Community ini juga berhasil mengibarkan bendera ukuran raksasa di atas tebing setinggi 120 meter.

Menurut Ketua Kartar Sukapura Subur Ardiansyah, sebelum mengibarkan bendera merah putih ini, anggota Karta Sukapura harus melakukan persiapan di lokasi selama tiga hari. Persiapan itu seperti membersihkan jalur pendakian, kemudian melakukan ritual sesuai kepercayaan warga setempat, serta mengenal medan.

"Tebing ini sangat curam, di bawahnya ada air terjun, jadi perlu berhati-hati untuk memasang bendera raksasa yang memiliki ukuran 12 kali 8 meter ini. Karena itu kami juga dibantu oleh teman-teman dari anggota TNI juga di sana," katanya, dalam keterangan tertulisnya, Kamis (26/8/2021).

Baca juga: Gubernur Khofifah Siapkan Pengasuhan dan Pendidikan Bagi Anak Yatim Korban COVID-19

Bendera merah putih ukuran jumbo ini akhirnya berhasil dikibarkan bertepatan dengan Hari Ulang Tahun (HUT) RI ke-76, 17 Agustus 2021 pekan lalu. Puluhan anggota kartar juga melakukan upacara bendera di lokasi tersebut.



"Sebelum upacara kami menggelar konvoi dengan membawa bendera merah putih menuju lokasi. Konvoi ini kami lakukan dengan jumlah terbatas dan tentunya tetap mematuhi protokol kesehatan," terangnya.

Pemasangan bendera raksasa ini tuntas dimulai dari pukul 08.00 sampai dengan pukul 11.30 WIB. Bendera yang dipasang ini juga lebih besar dibanding dengan bendera ukuran besar lainnya pada 2018 yang hanya berukuran 4 x 8 meter. Saat itu bendera dipasang oleh anggota karta yang lokasinya tidak jauh dari sumber mata air Umbulan, Sukapura.

Pemasangan bendera raksasa ini juga sebagai persiapan bakal dibukanya kembali obyek wisata di Sukapura, yakni air terjun Umbulan. Harapannya, obyek wisata ini bisa dibuka kembali dalam waktu dekat ini.

Baca juga: Dualisme Kekuasaan di Keraton Kasepuhan Cirebon Berujung Bentrok, Saling Serang Pakai Batu
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More