Dapat Program RJIT Kementan, Produktivitas Petani Jombang dan Gresik Meningkat Tajam

Minggu, 22 Agustus 2021 - 10:31 WIB
Terpisah, perwakilan Poktan Mawar, Dusun Grejek, Desa Grejek, Kecamatan Tambak, Kabupaten Gresik, Murtazam juga merasakan dampak dari program RJIT. Sebelum program RJIT musim padi panen sekali setahun, sesudah musim tanam dua kali setahun. Apalagi, saat ini produktivitas tanamannya naik signifikan dibandingkan sebelum adanya program RJIT.

"Sangat meningkat, dari 4 ton hingga mencapai 6 ton. Jadi satu kali tanam menjadi dua kali tanam padi pertahun dan luas untuk irigasi 150 meter dapat mengairi 25 hektar sawah," jelasnya.

Sebelumnya, Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo (SYL) menekankan pentingnya manajemen air guna mendukung produktivitas petani. Dalam pertanian, kata Mentan SYL, pasokan air harus selalu tersedia. Oleh karena itu, Mentan SYL menilai manajemen air menjadi sangat penting untuk selalu diperhatikan.

Dia menambahkan, Kementan memiliki sejumlah kegiatan guna mendukung manajemen air, salah satunya program RJIT.“Perlu ditata airnya, misalnya di mana sekundernya, di mana primernya, di mana tersiernya, di mana kuarternya, di mana irigasi cacing yang ada sehingga bisa tiga kali (panen),” kata SYL.
(msd)
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More