Melukis Wajah Bung Karno di Toyota Hardtop, Cara Warga Blitar Rayakan HUT Ke-76 RI

Selasa, 17 Agustus 2021 - 20:15 WIB
Perupa Soni Yuliono saat mengerjakan lukisan di atas permukaan kanvas Toyota Hardtop 1981 dalam rangka perayaan HUT Kemerdekaan RI ke-76. Foto/SINDOnews/Solichan Arif
BLITAR - Dalam rangka perayaan HUT Kemerdekaan RI ke-76, sebuah mobil jeep Toyota Hard Top land cruiser dilukis dengan tema kebangsaan di Istana Gebang, Kota Blitar, Jawa Timur.

Melalui sentuhan tangan perupa Soni Yuliono (48), kanvas atau terpal land cruiser yang polos akan diisi dengan lukisan wajah Bung Karno, wajah Syodanco Soeprijadi, sang saka merah putih serta Candi Penataran. Mobil keluaran tahun 1981 tersebut merupakan koleksi Komandan Kodim 0808 Blitar Letkol Inf Didin Nasrudin D.

Rencananya, lukisan tersebut akan langsung dilelang. "Hasil lelang akan didonasikan untuk membantu saudara-saudara kita yang terdampak pandemi," ujar Didin kepada wartawan Selasa (17/8/2021).

Tepat di depan bangunan utama Istana Gebang, jeep warna green apple itu, diparkir. Toyota Hardtop tahun 1981 memiliki enam silinder. Dengan kode mesin 2F, CC sebesar 4.230 serta sistem pengapian CDI dengan enam busi, jeep hardtop keluaran terakhir itu menjadi salah satu mobil klasik yang paling dicari kolektor.

Baca juga: KH Munasir, Mantan Heiho Komandan Batalyon 39 Tjondromowo yang Bikin Belanda Ciut





Suasana rumah masa kecil Bung Karno yang biasanya sepi karena tidak menerima kunjungan wisatawan (selama PPKM), seketika ramai. Cara unik mengekspresikan HUT RI ke-76 tersebut, mengundang perhatian warga sekitar.

Baca juga: Naskah Proklamasi Hanya Ditandatangani Soekarno dan Hatta, Begini Kisahnya

Soni Yuliono, perupa Blitar yang pada tahun 2014 pernah memecahkan rekor MURI dengan lukisan Bung Karno berukuran raksasa, mempersilahkan Didin memulai goresannya. Sapuan kuas dari cat arklirik warna merah dan putih mengawali lukisan bendera saka merah putih.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More