Dibuka Lagi untuk Salat Berjamaah, Ini Protokol Corona di Masjid Arab Saudi

Jum'at, 29 Mei 2020 - 09:47 WIB
Masjid Raya Al Rajhi di Riyadh, Arab Saudi. Foto/ist
RIYADH - Pemerintah Kerajaan Arab Saudi kembali membuka masjid-masjid untuk salat berjamaah. Kecuali di Makkah, semua masjid boleh digunakan untuk salat Jumat dan salat lima waktu mulai 31 Mei 2020.

Selama 20 hari hingga 20 Juni, masjid-masjid tersebut dibuka sebagai tahap awal pelonggaran pembatasan. Namun demikian, pengurus dan jamaah masjid wajib menaati protokol kesehatan yang ditentukan untuk mencegah penyebaran virus Corona (COVID-19).

(Baca: Tunggu Hasil Tes, Ratusan Orang Kabur dari Pusat Karantina Corona)

Menteri Urusan Islam Arab Saudi Sheikh Abdullatif Al-ASheikh, sebagaimana dikutip Arab News, meminta umat Islam untuk menghormati beberapa protokol yang diberlakukan.

Al-Asheikh merinci poin-poin protokol keamanan yang wajib dipatuhi jamaah untuk mencegah penyebaran COVID-19. Berikut ini rincian protokol yang ditetapkan Pemerintah Arab Saudi:



1. Jamaah wajib membawa sajadah sendiri

2. Jamaah wajib mengenakan masker

3. Jamaah wajib wudhu di rumah masing-masing sebelum datang ke masjid, karena tempat wudhu dan toilet di kompleks masjid ditutup

4. Jamaah wajib menjaga jarak dua meter satu sama lain dan membiarkan satu satu baris (shaf) kosong di antara setiap baris
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More