Terlibat Pembuatan Surat Swab PCR Palsu, Petugas Avsec Tarakan Diringkus Polisi

Senin, 26 Juli 2021 - 02:57 WIB
Terlibat pemalsuan surat swab PCR untuk calon penumpang pesawat, petugas Avsec Bandara Juwata Tarakan ditangkap Satreskrim Polres Tarakan. Foto/iNews TV/Usman Coddang
TARAKAN - Satreskrim Polres Tarakan, berhasil meringkus kawanan pembuat surat keterangan swab PCR palsu , dan surat jalan palsu untuk calon penumpang pesawat. Salah satu pelaku yang ditangkap berinisial HR, petugas Avsec Bandara Juwata Tarakan.



Ada tiga pelaku yang berhasil ditangkap . Selain HR, polisi juga menangkap pelaku berinisial FR yang berperan sebagai calo, dan MA sebagai pelaku pembuat surat keterangan swab PCR palsu.

Pengungkapan sindikat pemalsuan surat-surat untuk calon penumpang pesawat ini, menurut Kapolres Tarakan, AKBP Fillol Praja Arthadira, berkat adanya laporan masyarakat, terkait peredaran surat perjalanan dan swab PCR palsu .



"Akhirnya anggota kami melakukan penyelidikan, dan berhasil menangkap FR yang kedapatan memberikan surat perjalanan dan hasil swab PCR palsu kepada calon penumpang di Bandara Juwata Tarakan," tuturnya.

Dari penangkapan FR, petugas melakukan pengembangan penyelidikan. Dihadapan petugas penyidik, FR mengaku dirinya tidak bekerja sendiri, namun dibantu seorang petugas Avsec Bandara Juwata Tarakan.



Kepada petugas, FR menyebut yang membuat surat swab PCR palsu adalah MA, sedangkan HR bertugas membuat surat dokumen perjalanan palsu, dengan menggunakan nama perusahaan fiktif. Sementara dari hasil pemeriksaan calon penumpang yang menerima surat swab OCR palsu itu, tidak melakukan tes PCR secara fisik di rumah sakit yang ada di Tarakan.

Sindikat ini, menurut Kasatreskrim Polres Tarakan, Iptu Muhammad Aldi, memanfaatkan calon penumpang yang terdesak akan perlunya surat keterangan untuk bisa melakukan perjalan ke luar daerah dengan pesawat udara.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More Content