3 Tim Pasukan Elit TNI Ini yang Menembak Mati Komandan OPM Lesmin Walker dan Pukul Mundur KKB

Jum'at, 14 Mei 2021 - 06:29 WIB
2. Yonif Raider 500/Sikatan



Ilustrasi Pasukan Para Raider

Dikutip dari laman Wikipedia, Yonif Raider 500/Sikatan adalah sebuah pasukan elit infanteri Tentara Nasional Indonesia (TNI) yang dibentuk sejak 30 Oktober 1945. Yonif Raider 500/Sikatan adalah pasukan pemukul Kodam V/Brawijaya yang berkualifikasi Para Raider. Satuan ini terdiri atas Kompi Markas, Kompi Senapan A, B, C, Kompi Bantuan, Tim K-9, dan Tim Gultor yang bermarkas di Jalan Gadjah Mada, Surabaya. Sebagai kekuatan penindak, kekuatan satu batalyon raider (yonif raider) setara tiga kali lipat kekuatan satu batalyon infanteri (yonif) biasa di TNI Angkatan Darat.

Mereka dilatih untuk melakukan penyergapan dan mobil udara, seperti terjun dari Helikopter dan kemampuan anti teror serta keahlian-keahlian khusus lainnya. Keahlian tersebut mereka dapatkan setelah mengikuti pendidikan yang diselenggarakan oleh Pusat Pendidikan dan Latihan Pasukan Khusus (Kopassus) di Batujajar, Jawa Barat.

Pasukan ini dilatih untuk menguasai tiga kemampuan diantaranya, untuk pertempuran jarak dekat, pasukan lawan gerilya dengan mobilitas tinggi dan pertempuran berlanjut (panjang).

Salah satu keberhasilan pasukan ini dalam penugasan operasi saat berhasil menembak mati Ishak Daud, Komandan Operasi GAM wilayah Peureulak dan Kepala Staf Angkatan Bersenjata GAM Komando Pusat Tiro pada 8 September 2004 di Desa Babah Krueng, Sawang, Aceh Utara, Aceh.

3. Satuan Cakra



Foto Pasukan MR 413 Kostrad saat di Distrik Arso Timur, Keerom Papua
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More