Sebanyak 6.000 Kuota Salat Idul Fitri di MAS Ludes

Kamis, 06 Mei 2021 - 19:45 WIB
Ilustrasi/Dok
SURABAYA - Sebanyak 6.000 kuota jamaah untuk menjalankan salat Idul Fitri 2021 di Masjid Al-Akbar Surabaya (MAS) telah terpenuhi. Kuota tersebut sudah ludes sejak Selasa (4/5/2021).

Kepala Humas MAS, Helmy M. Noor mengatakan, kuota itu diberlakukan untuk pembatasan jumlah orang di MAS sebagai upaya protokol kesehatan.

Para jamaah yang sudah mendapatkan slot kuota, nantinya diminta ke MAS untuk mengambil ID Card. "Tanda pengenal dari panitia salat Idul Fitri itu wajib dibawa ketika pelaksanaan salat yang rencana digelar Kamis (13/5/2021)," katanya, Kamis (6/5/2021).

Dia menambahkan, untuk teknis jalur masuknya jemaah, perempuan masuk ke dalam area masjid melalui pintu utara.

Sedangkan jamaah laki-laki masuk melalui pintu selatan. Dia juga mengingatkan, jemaah wajib protokol kesehatan ketat.

"Wajib mengenakan masker secara benar. Lalu pengecekan suhu tubuh, masuk bilik sterilisasi dan mencuci tangan dengan hand sanitizer atau sabun dengan air yang mengalir," jelasnya.

Shaf jamaah salat Idul Fitri, imbuhnya, adalah jaga jarak, sesuai ketentuan dan sudah diberi tanda.

Baca juga: 155.005 Personel Gabungan Diterjunkan dalam Operasi Ketupat Semeru 2021

Catatan lain, untuk menghindari kerumunan usai salat, alas kaki jemaah wajib dimasukkan kantong dan dibawa masuk ke dalam masjid serta ditaruh samping shaf salat.

Sewaktu salat, imam akan memilih serta membacakan surat-surat pendek. Durasi khutbah juga diperpendek. Para jamaah juga dilarang berjabat tangan usai salat.



"Semuanya harus menerapkan regulasi MAS secara baik dan benar. Sekarang, tahap sosialisasi teknis ibadah bagi yang sudah punya ID," pungkasnya.
(boy)
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More Content