Para Pengguna Iphone, Hati-Hati Banyak Aplikasi yang Membebani

Sabtu, 18 April 2020 - 11:17 WIB
foto/SINDOnews
CUPERTINO - Para pengguna ponsel merek Iphone mulai sekarang mesti selektif dalam mengunduh atau menggunakan aplikasi yang tersedia pada sistem IOS. Baru-baru ini, sejumlah peneliti menemukan ada banyak aplikasi yang membebankan biaya langganan yang sangat tinggi.

Para peneliti di Sophos Labs menulis dalam posting blog baru yang dikutip oleh Mirror, bahwa banyak dari aplikasi ini mengenakan tarif berlangganan hampir Rp500.000 per bulan setelah masa percobaan 3 atau 7 hari. Jika seseorang terus membayar langganan itu untuk setahun, maka biayanya mencapai Rp5,6 juta. Fatalnya biaya itu hanya untuk satu aplikasi. ( Baca: Peneliti Desak Pemilik iPhone Hapus Puluhan Aplikasi iOS Ini )

Sebagian besar dari 30 lebih aplikasi terdaftar sebagai gratis untuk diunduh dari App Store, tapi memiliki tingkat berlangganan dalam aplikasi yang sangat tinggi hingga pada akhirnya menagih pengguna dalam jumlah besar.

Para peneliti menjelaskan bagaimana skema bekerja dengan mencatat, "Jika Anda berpikir salah satu aplikasi ini gratis dan menginstalnya, aplikasi akan memberi Anda pemberitahuan 'percobaan gratis' segera setelah meluncurkan aplikasi untuk pertama kalinya. Pemberitahuan ini meminta pengguna untuk memberikan rincian kartu pembayaran. Dalam beberapa kasus, sebagian besar fitur berguna dari aplikasi hanya akan dapat digunakan jika Anda mendaftar untuk berlangganan. Beberapa pengguna dapat mendaftar untuk berlangganan tanpa membaca cetakan kecil, yang mencakup biaya aktual dari aplikasi tersebut," kata para peneliti.

Daftar Aplikasi yang Harus dihapus dari iPhone atau iPad:



- Seer App: Face, Horoscope, Palm

- Selfie Art – Photo Editor

- Palmistry Decoder

- Lucky Life – Future Seer
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More