Polres Tasikmalaya Tangkap 4 Pria Pembawa Rp2,9 Miliar Uang Palsu

Rabu, 13 Mei 2020 - 22:24 WIB
Kapolres Tasikmalaya AKBP Hendria Lesman menunjukkan barang bukti uang palsu dan empat tersangka. Foto/Humas Polres Tasikmalaya
TASIKMALAYA - Polres Tasikmalaya mengungkap kasus uang palsu. Empat orang tersangka asal Jakarta dan Bogor dan 29.600 lembar uang palsu pecahan 100 ribu, diamankan.

Meski tidak bisa dikategorikan dalam hitungan nominal rupiah, namun jika dihitung upal tersebut mencapai Rp2,9 miliar. (BACA JUGA: Tasikmalaya Geger, Jasad Tukang Becak Dikira Korban Corona )

Kapolres Tasikmalaya Polda Jabar AKBP Hendria Lesman mengungkapkan uang palsu diamankan saat melaksanakan operasi ketupat Lodaya 2020 dan Pembatasan Sosial Berskala besar (PSBB) di Pos Pengamanan (pospam) Cikunir, Jalan Raya Cikunir, Kabupaten Tasikmalaya.

Petugas, kata Hendria, mencurigai kendaraan berplat nomor Bogor F 1763 AQ yang ditumpangi empat orang. Semula petugas menduga, pelaku merupakan pemudik. Namun saat digeledah ternyata petugas menemukan uang palsu dalam dua tas besar.

"Pengungkapan kasus ini dilakukan saat operasi Ketupat Lodaya dan PSBB di Jalan Raya Cikunir. Kita sita uang diduga Palsu sebanyak 29.600 lembar dari pelaku pecahan 100 ribu," kata Hendria di Mapolres Tasik, Rabu (13/5/2020). (BACA JUGA: Densus 88 Geledah Dua Rumah Terduga Teroris di Tasikmalaya )



Identitas pelaku, ujar Kapolres, antara lain, MD, N, MSSP, dan JUB. Kepada polisi, para pelaku mengaku sengaja membawa uang palsu milik temannya bernama Erwin asal Tangerang Banten. Uang palsu ini sudah dibawa selama tiga bulan dengan keliling Jawa.



Tumpukan uang palsu sebanyak 29.600 lembar pecahan 100 ribu. Foto/Humas Polres Tasikmalaya

Kasat Reskrim Polres Tasikmalaya AKP Siswo Tarigan mengemukakan, tujuan para pelaku membawa uang palsu itu bukan untuk diedarkan melainkan untuk mencari orang pintar yang bisa menyempurnakan upal tersebut hingga menjadi uang asli bisa diperjualbelikan. Mereka berencana mendatangi orang pintar di kawasan Sukaratu, Kabupaten Tasikmalaya.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More