Dihantam Gelombang Tinggi, Puluhan Perahu Nelayan Tenggelam

Kamis, 12 November 2020 - 08:28 WIB
Sejumlah nelayan mengevakuasi perahu yang tenggelam dihantam gelombang tinggi.Foto/Yudha Prawira
SURABAYA - Cuaca buruk dan gelombang laut tinggi membawa dampak buruk bagi nelayan di pesisir. Salah satunya nelayan di pesisir Cumpat dan Nambangan, Surabaya, Jawa Timur. Gelombang tersebut menyebabkan puluhan perahu nelayan tenggelam, sebagian di antaranya rusak diterjang gelombang pasang.

Akibat perahunya tenggelam, para nelayan ini otomatis tidak bisa melaut. Penghasilan mereka pun menjadi menurun, bahkan tidak ada. "Kami terpaksa tidak melaut. Mau gimana lagi," ujar Anshori, seorang nelayan Cumpat.

Pemandangan seperti ini terjadi pada Kamis (12/11/2020) dinihari. Para nelayan sempat panik dan beramai-ramai menyelamatkan perahu dari terjangan ombak setinggi sekitar satu meter. (Baca juga: Prihatin Kondisi Bangsa, Seniman Ini Jalan Kaki Surabaya - Jakarta )

Namun besarnya ombak serta kencangnya angin membuat belasan perahu tidak berhasil diselamatkan. Mereka pun harus rela "sandang pangannya" harus hilang ditelan ombak.

Setelah cuaca buruk dan gelombang tinggi mereda, para nelayan pun mencari dan mengevakuasi perahu mereka yang tenggelam. Ada yang berhasil menemukan kembali, ada pula yang sejumlah alat dan jaringnya hilang.



Tak hanya menenggelamkan perahu, cuaca buruk juga membuat air laut masuk ke perkampungan warga. Kerugian material pun dialami masyarakat yang tinggal di pesisir Surabaya ini.
(msd)
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More