500 Prajurit TNI Tiba di Papua, Antisipasi Kerawanan di Pegunungan

Senin, 07 September 2020 - 00:53 WIB
Sebanyak 500 prajurit dari Yonif Para Raider 432/Waspada Setia Jaya, tiba di Papua, melalui Pelabuhan Jayapura. Foto/iNews TV/Edy Siswanto
JAYAPURA - Sebanyak 500 prajurit Yonif Para Raiden 432/Waspada Setia Jaya (WSJ) yang tergabung dalam Satuan Tugas Penagamanan Daerah Rawan (Satgas Pamrahwan) tiba di Papua , melalui pelabuhan Jayapura, Minggu (6/9/2020) siang.

(Baca juga: Upacara Adat 'Upah Upah' Lepas Keberangkatan Bacabup Madina )

Kedatangan ratusan prajurit TNI AD yang bermarkas di Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan, dengan menumpang KRI Teluk Bintuni 520, pada Sabtu (22/8/2020) atau sekitar seminggu lebih perjalanan laut.

Setibanya di Papua, ratusan prajurit TNI AD tersebut diterima langsung Komandan Korem 172/PWY Brigjen TNI Izak Pangemanan, dengan menggelar upacara penerimaan pasukan Satgas Panrahwan .

Izak mengatakan, para personel ini nantinya akan bertugas di daerah rawan jajaran Korem 172/PWY, khususnya daerah pegunungan, selama kurang lebih satu tahun atau minimal selama sembilan bulan.



(Baca juga: Adik Ipar Ganjar Pranowo Jadi Penantang Patahana di Purbalingga )

Satgas Yonif PR 432/WSJ tersebut akan menggantikan Satgas Panrahwan yang lama, yakni Yonif Raider Khusus 751/VJS yang merupakan satuan organik Kodam XVII/Cenderawasih.

"Mereka akan mengisi 20 pos yang tersebar dari mulai Kabupaten Nduga, Lanny Jaya, Tolikara, Yahukimo. sampai dengan Mamberamo Raya," kata Izak, Minggu (6/9/2020).

Dijelaskan, pelibatan Satuan Non Organik Kodam XVII/Cenderawasih dalam melaksanakan pengamanan wilayah rawan di Papua, sebagai upaya pemenuhan kekurangan personel organik yang ada.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More