Pj Gubernur Jatim Ikut Partisipasi Rekor MURI dan Launching Kuliner Halal serta E-commerce

Rabu, 16 Oktober 2024 - 14:20 WIB
Pemecahan Rekor MURI mewarnai batik khas Kota Mojokerto sepanjang 5.052 meter dengan melibatkan 10.106 peserta. (Foto: dok Pemprov Jatim)
MOJOKERTO - Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Timur Adhy Karyono menjadi pembicara dalam talkshow showcase hasil inovasi 5 subsektor bersama Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) RI Sandiaga Salahuddin Uno dan Pj Wali Kota Mojokerto Moh Ali Kuncoro di Rumah Rakyat Kota Mojokerto, Selasa (15/10/2024).

Dalam kesempatan ini, Pj Gubernur Adhy mendorong inovasi di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif, karena saat ini menjadi tumpuan ekonomi bagi Jawa Timur. Hal ini dilihat dari jumlah kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) yang mencapai 77,33 persen.

“Sektor pariwisata di Jatim menjadi tumpuan kita. Sehingga, tidak ada kata lain, kebijakan di Provinsi Jawa Timur adalah bagaimana berupaya meningkatkan dan mengembangkan sektor parekraf dan budaya,” ujarnya.



Lebih lanjut, Pj Gubernur Adhy menyampaikan bahwa Jatim memiliki potensi kekayaan alam yang sangat melimpah, di antaranya Bromo, Kawah Ijen, dan Tumpak Sewu. Selain itu pula, ada Majapahit’s Warrior Underwater Banyuwangi yang baru saja launching.

Sementara itu, Adhy menyebut, terdapat lima sektor ekonomi kreatif (ekraf) di Jatim, yaitu kuliner sebesar 36,74 persen, kriya 20,12 persen, fashion 12,28 persen, pertunjukan 10,9 persen, dan musik sebesar 8,16 persen.

“Pariwisata erat kaitannya dengan ekonomi kreatif. Selain kekayaan alam, banyak sekali yang bisa kita jual dan tampilkan ke internasional. Salah satunya adalah wastra (batik). Itu bisa diwujudkan melalui ekonomi kreatif kita," tuturnya.

Secara khusus,mengenai batik, Adhy menekankan Jatim memiliki sejumlah corak batik yang berasal dari berbagai daerah. Salah satunya adalah batik khas Kota Mojokerto, yaitu Surya Majapahit, Sulur, Sekar Jagat, Buah Mojo, dan Menara Tribuana Tungga Dewi.

“Mojokerto dengan kekhasan sejarah Majapahit, dapat menjadi destinasi wisata budaya,” katanya.

Dalam acara talkshow tersebut juga dilakukan pemecahan Rekor MURI mewarnai batik khas Kota Mojokerto sepanjang 5.052 meter dengan melibatkan 10.106 peserta. Kemudian, juga ada peluncuran kuliner halal Skywalk Mojopahit dan e-commerce Mojosadean.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More Content