Elektabilitas Egi-Syaiful Melesat Naik, Ungguli Petahana Nanang-Antoni

Selasa, 15 Oktober 2024 - 19:01 WIB
Elektabilitas pasangan cabup-cawabup Lampung Selatan nomor urut 2 Radityo Egi Pratama-Syaiful Anwar naik signifikan dalam survei terbaru Poltracking Indonesia. Foto/Dok. SINDOnews
LAMPUNG SELATAN - Pasangan cabup-cawabup Lampung Selatan (Lamsel) nomor urut 2 Radityo Egi Pratama-Syaiful Anwar mencatat kenaikan elektabilitas yang signifikan dalam survei terbaru yang dirilis Poltracking Indonesia . Pasangan ini berhasil mengungguli pasangan petahana Nanang Ermanto-Antoni Imam dengan selisih yang cukup mencolok.

Survei menunjukkan bahwa elektabilitas Egi-Syaiful mencapai 52,4%, melampaui Nanang-Antoni yang berada di angka 43,7%. Lonjakan elektabilitas ini menunjukkan efektivitas strategi kampanye yang diterapkan oleh pasangan penantang tersebut.

Peneliti Utama Poltracking Indonesia Yoki Alvetro mengatakan, elektabilitas pasangan Egi-Syaiful terus naik signifikan selama beberapa bulan terakhir. Sebaliknya, elektabilitas pasangan Nanang-Antoni anjlok jauh.



"Tren elektabilitas Egi-Syaiful konsisten meningkat sejak beberapa bulan terakhir. Sedangkan Nanang-Antoni terus mengalami penurunan suara," katanya, Selasa (15/10/2024).

Yoki menyebut, pada Juli 2024, elektabilitas Egi-Syaiful hanya di angka 17,1%. Angkanya kemudian naik menjadi 48,2% pada September dan kini menyentuh angka 51,1% pada Oktober.

"Sedangkan elektabilitas Antoni-Imam konsisten turun dari 73,4% pada Juli 2024, kemudian turun menjadi 45,3% di September dan saat ini turun lagi di angka 43,8%," jelasnya.

Dengan selisih elektabilitas yang signifikan, Egi-Syaiful berpotensi memenangkan Pilkada Lampung Selatan. Kendati demikian, Yoki mengatakan peta elektoral masih terus dinamis hingga hari pencoblosan pada 27 November 2024. "Berbagai kemungkinan masih berpotensi terjadi, tergantung isu dan konstelasi politik jelang hari pemilihan," ujarnya.
(poe)
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More Content