Debat Perdana Pilgub Kalteng, Pengamat: Agustiar-Edy Lebih Unggul dari Paslon Lain

Selasa, 15 Oktober 2024 - 07:27 WIB
Pasangan calon gubernur dan calon wakil gubernur Kalimantan Tengah 03 Agustiar Sabran-Edy Pratowo tampil dalam debat perdana Pilgub Kalteng 2024 di Palangka Raya, Senin (14/10/2024). Foto/Dok. SINDOnews
PALANGKA RAYA - Pasangan calon gubernur dan calon wakil gubernur Kalimantan Tengah 03 Agustiar Sabran-Edy Pratowo dinilai unggul dalam debat perdana Pilgub Kalteng 2024, Senin (14/10/2024). Keunggulan Agustiar-Edy semakin nyata dengan program keberlanjutan Kalteng berkah dan maju.

Dalam debat yang diadakan di Palangkaraya itu, Agustiar-Edy tegaskan tekadnya untuk terus lanjutkan program-program strategis seperti Kalteng Berkah di masa kepemimpinannya. Hal itu dinilai jadi keunggulan tersendiri bagi Agustiar-Edy di tengah program perubahan dari paslon lain.

Terkait hal itu, Direktur Eksekutif Survei and Polling Indonesia (SPIN) Igor Dirgantara melihat itu jadi keunggulan Agustiar-Edy. Menurutnya, gagasan keberlanjutan terbukti sangat ampuh untuk menarik dukungan dari masyarakat di akar rumput.



"Dengan adanya gagasan keberlanjutan itu sudah sebuah keunggulan bagi Paslon 03 Agustiar-Edy, apalagi lawannya mengusung perubahan semua," kata Igor, Senin (14/10/2024).

Igor mengatakan, program keberlanjutan sudah terbukti ampuh kepada masyarakat. Terlebih, tingkat kepuasan masyasrakat terhadap pemerintahan yang sebelumnya cukup bagus.

Dalam temuan survei Poltracking Indonesia periode 2-8 Agustus 2024, tingkat kepuasan publik terhadap kinerja pemerintahan Kalteng sangat tinggi. Sebesar 78,7% masyatakat puas terhadap kinerja gubernur dan wakil gubernur sebelumnya.

Tak sampai di situ, sebanyak 52,5% masyarakat inginkan keberlanjutan atas program yang sudah ada saat ini. Hal ini jadi sebuah keunggulan bagi Agustiar-Edy yang punya gagasan keberlanjutan.

Sehingga, gagasan keberlanjutan cukup menarik bagi masyarakat yang puas terhadap kinerja pemimpin terdahulu. Sebab itu, ia merasa gagasan Agustiar-Edy sama persis dengan Presiden dan Wakil Presiden terpilih Prabowo Subianto-GIbran Rakabuming Raka saat Pilpres 2024 kemarin.

"Gagasan keberlanjutan itu sangat bagus, apalagi masyarakat banyak yang puas terhadap program-program dari pemimpin sebelumnya," ujarnya.

Ia melihat, Agustiar-Edy bisa ikuti jejak Prabowo-Gibran di Pilpres 2024 kemarin dengan keluar sebagai pemenang. Karena memang gagasan keberlanjutan sangat berdampak positif terhadap dukungan dari masyarakat.

"Contohnya sudah ada, Pak Prabowo dan Mas Gibran kemarin menang dengan keberlanjutan, jadi memang gagasan ini sangat ampuh untuk meraup dukungan dari masyarakat," tuturnya.
(poe)
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More Content