Launching GKMNU, PBNU Gencarkan Keluarga Maslahat di Sumut

Senin, 14 Oktober 2024 - 22:05 WIB
PBNU gencar merealisasikan gerakan Keluarga Maslahat dengan melaunching Gerakan Keluarga Maslahat Nahdlatul Ulama (GKMNU) di Medan. Foto/Ist
MEDAN - Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) gencar merealisasikan gerakan Keluarga Maslahat dengan melaunching Gerakan Keluarga Maslahat Nahdlatul Ulama (GKMNU).

“Karena NU tidak terbiasa bergerak secara bersama-sama, PBNU harus membentuk struktur Satuan Tugas (Satgas) GKMNU mulai dari tingkat pusat hingga ke daerah dan kader keluarga maslahat,” kata Wakil Ketua Umum PBNU, KH Amin Said Husni MA, di Medan, Senin (14/10/2024).





Menurutnya, agar program Keluarga Maslahat yang bekerjasama dengan Kementerian Agama (Kemenag) sejak 2023 lalu segera berjalan di Sumut, maka PBNU membuat jalan pintas membentuk Satgas Nasional dikoordinatori Yaqut Cholil Qoumas.

“Ini merupakan Riayatul Ummah (membimbing umat), yang telah menjadi salah satu tugas keulamaan. Tugas sehari-harinya ulama adalah meladeni, melayani, peduli kepada kebutuhan dan masalah yang dihadapi umatnya,” terang Amin Said Husni di hadapan seribuan undangan.

Dia mengungkapkan, orang mau menikahkan anaknya, datang ke kiai. Agar anaknya lulus di perguruan tingga, minta doa kepada kiai. Anak mau sunatan, datangnya ke kiai, bahkan agar utang-utang lunas minta doa kepada kiai.

“Riayatul Ummah yang paling strategis adalah membina keluarga. Karena keluarga merupakan pondasi kehidupan masyarakat. Ketika sebuah keluarga maslahat, maka dari kumpulan terkecil keluarga akan membuat Desa Maslahat, Demikian seterusnya, negara ini menjadi negara maslahat,” paparnya.



NU menginisiasi Gerakan Nasional Keluarga Maslahat. “Sebagai gerakan nasional, maka seluruh struktur dan Badan Otonom Jamiyatul Ulama dari Pengurus Besar hingga Anak Ranting harus bergerak membangun keluarga maslahat,” ujarnya.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More Content