Belasan Advokat Muda KAI Ikuti Pengambilan Sumpah di Denpasar

Kamis, 10 Oktober 2024 - 10:31 WIB
Belasan advokat muda dari KAI mengikuti prosesi pengambilan sumpah di Pengadilan Tinggi Denpasar, Bali, Rabu (9/10/2024). Foto/Ist
DENPASAR - Belasan advokat muda dari Kongres Advokat Indonesia (KAI) mengikuti pengambilan sumpah di Pengadilan Tinggi Denpasar di Bali, Rabu (9/10/2024). Pengambilan sumpah dipimpin Kepala Pengadilan Tinggi Denpasar, Sujatmiko.

Pengambilan sumpah ini merupakan momen penting bagi para advokat muda yang kini resmi bergabung sebagai penegak hukum di Indonesia.





Total ada 27 advokat muda yang mengikuti pengambilan sumpah yang turut dihadiri Wakil Ketua Dewan Pembina DPP KAI Prof Henry Indraguna.

"Prosesi pengambilan sumpah dimulai dengan ritual mejaya-jaya bagi para advokat umat Hindu, sebagai simbol permohonan restu untuk menempuh profesi mulia ini," ujar Henry Indraguna.

Sejumlah advokat yang disumpah antara lain Wabendum DPP KAI Fangky Christina Hartati, Anak Agung Bagus Adhi Mahendra Putra mantan anggota DPR-RI (2014–2019 dan 2019–2024), serta Ronny Frangky Sompie (Kapolda Bali 2015).

Henry menyebutkan pentingnya profesi advokat sebagai bagian dari sistem hukum yang sejajar dengan aparat penegak hukum lainnya, seperti polisi dan jaksa.



“Profesi advokat adalah profesi mulia, kedudukannya sangat penting dalam penegakan hukum. Bagi advokat muda, jangan pernah menganggap profesi ini enteng, karena profesi advokat membanggakan,” terangnya.

Ia menjelaskan, pengambilan sumpah ini adalah langkah penting yang harus dilalui setiap advokat sebelum memulai kariernya. Ia berharap para advokat muda dapat menjalankan profesinya dengan penuh integritas dan tanggung jawab.

“Semoga dengan pengambilan sumpah ini para advokat muda dapat menjalankan tugasnya untuk membantu masyarakat kurang mampu di bidang advokasi,” ucapnya.

Dengan pengambilan sumpah ini diharapkan menjadi awal yang baik bagi para advokat muda, dalam mengabdikan diri kepada hukum yang menjunjung tinggi kepada etika profesi dan nilai-nilai keadilan.
(shf)
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More Content