Refleksi HUT ke-24 Banten, HMI Serang Serukan Tolak Politik Dinasti

Jum'at, 04 Oktober 2024 - 21:30 WIB
Anggota HMI Cabang Serang menggelar aksi damai di depan Gedung DPRD Banten, Jumat (4/10/2024). Mereka menyerukan tolak politik dinasti. Foto/Dok. SINDOnews
SERANG - Provinsi Banten genap berusia 24 tahun pada Jumat 4 Oktober 2024. HUT ke-24 Banten kali ini sangat spesial karena terjadi menjelang Pilkada serentak 2024 .

Pada momen istimewa ini, Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Serang menyerukan ajakan menolak politik dinasti . Mereka juga menggelar aksi damai di depan Gedung DPRD Banten, Jumat (4/10/2024).

Aksi ini bertujuan mengevaluasi perjalanan Banten sebagai provinsi yang bertagline Iman-Taqwa serta mengangkat berbagai masalah yang masih mengganggu kesejahteraan masyarakat. Ketua Umum HMI Cabang Serang, Eman Sulaiman menekankan pentingnya refleksi terhadap kondisi Banten saat ini.

"Sepanjang 24 tahun perjalanan bukan hanya soal merayakan seremonial HUT, tetapi juga mengevaluasi apakah kita telah mencapai tujuan yang diinginkan," kata Eman Sulaiman.

Eman menegaskan, Banten dibentuk dengan harapan menjadi provinsi yang mandiri, maju, dan sejahtera. Namun kenyataan saat ini menunjukkan banyak tantangan yang harus dihadapi.

"Banten kini tercatat sebagai provinsi dengan tingkat pengangguran tertinggi di Indonesia, mencapai 7,02%. Ini adalah cerminan kegagalan pemimpin Banten dalam menciptakan lapangan kerja yang memadai," ujarnya.

Di lokasi yang sama, Korlap Aksi HMI Cabang Serang, Habiel Al-Bana, juga menyoroti permasalahan yang lebih luas, mencakup sektor pendidikan, kesehatan, dan infrastruktur. "Kami menuntut pemerintah untuk lebih serius menangani isu-isu fundamental yang menghambat kemajuan Banten. Kemajuan Banten harus dilihat dari SDM yang berkualitas dan berdaya saing," katanya.

Pada aksi tersebut, massa HMI membawa spanduk bertuliskan "Refleksi HUT Banten ke-24, Berani Bersuara Lawan Politik Dinasti!" Mereka juga menggaungkan orasi kritis mengenai praktik politik dinasti yang berdampak pada ketidakadilan dan kesenjangan sosial di masyarakat.

HMI Cabang Serang juga menyerukan perlunya netralitas ASN dalam menyambut kontestasi politik. Juga pemberantasan praktik money politics dan rangkap jabatan yang masih marak di Banten untuk mendukung kemajuan provinsi.

Aksi tersebut juga dihadiri berbagai elemen organisasi kepemudaan, masyarakat, dan aktivis lainnya yang mendukung tuntutan HMI Cabang Serang. "Kami tidak ingin HUT Banten hanya menjadi ritual belaka. Mari kita bersama-sama berjuang untuk menciptakan Banten yang sejahtera dan mandiri," tandasnya.
(poe)
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More Content