Gempa Dangkal M4,8 Robohkan Tembok Puri Blahbatuh Gianyar Bali

Sabtu, 21 September 2024 - 09:56 WIB
Gempa magnitudo 4,8 menyebabkan kerusakan pada beberapa bangunan di Kecamatan Blahbatuh, Kabupaten Gianyar, Bali. Foto: iNews TV/Ketut Catur Kusumaningrat
GIANYAR - Gempa dengan magnitudo 4,8 mengguncang wilayah Kabupaten Gianyar, Bali, Sabtu (21/9/2024) pukul 07.26 WITA menyebabkan kerusakan pada beberapa bangunan. Salah satunya merobohkan tembok Puri Blahbatuh Gianyar.

BMKG melaporkan guncangan yang dirasakan warga cukup keras, mengingat gempa ini berpusat di darat dengan kedalaman dangkal, yakni hanya 20 kilometer di Kecamatan Blahbatuh, Kabupaten Gianyar.

Pantauan iNews Media Group salah satu kerusakan signifikan terjadi di Puri Agung Blahbatuh di mana tembok penyengker yang berusia ratusan tahun di sisi selatan puri roboh sepanjang tiga meter.



Beruntung, tidak ada kendaraan yang terparkir di sekitar lokasi saat kejadian.

Menurut keterangan salah satu warga I Nyoman Sutapa, kejadian tersebut mengejutkan mereka yang berada di sekitar puri. “Kami sedang membeli makanan di dekat lokasi, tiba-tiba tembok puri ambruk, suaranya sangat keras,” kata Sutapa.



Selain Puri Blahbatuh, beberapa rumah warga juga dilaporkan mengalami kerusakan, terutama pada bagian atap.

Saat ini, petugas dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Gianyar masih melakukan pendataan lebih lanjut terkait dampak kerusakan.



Untuk diketahui, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melaporkan gempa dangkal dengan kekuatan M4,8 mengguncang Gianyar, Bali, Sabtu, 21 September 2024 pukul 07.26.20 WITA.

Episenter gempa terletak pada koordinat 8,57° LS; 115,32° BT, tepatnya berlokasi di darat pada jarak 3 km arah barat daya Gianyar, Bali dengan kedalaman 22 km.
(ams)
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More Content