Awas! Potensi Gempa Susulan di Kabupaten Bandung Masih Ada, 24 Kali Guncangan Terjadi

Rabu, 18 September 2024 - 19:23 WIB
Kepala BMKG Stasiun Bandung, Teguh Rahayu saat ditemui di Desa Cibereum, Kecamatan Kertasari, Kabupaten Bandung. Foto/Agi Ilman
KABUPATEN BANDUNG - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Bandung mengingatkan masyarakat untuk tetap waspada terhadap potensi gempa susulan setelah gempa berkekuatan magnitudo 4,9 mengguncang Kabupaten Bandung pada Rabu (18/9/2025). Hingga pukul 14.00 WIB, tercatat sudah terjadi 24 kali gempa susulan di Kabupaten Bandung dan Kabupaten Garut.

Kepala BMKG Stasiun Bandung, Teguh Rahayu, menyatakan bahwa gempa susulan masih mungkin terjadi, meskipun dengan magnitudo yang lebih kecil. "Masyarakat diminta waspada karena potensi gempa susulan masih ada," kata Rahayu saat ditemui di Desa Cibeureum, Kabupaten Bandung.



Rahayu juga mengingatkan masyarakat untuk tidak mudah terpengaruh oleh informasi hoaks atau isu yang beredar terkait prediksi gempa. "Gempa tidak bisa diprediksi, jadi jika ada yang menyebarkan informasi seperti itu, bisa dipastikan tidak benar," tegasnya.

Meskipun gempa susulan masih mungkin terjadi, Rahayu menambahkan bahwa kekuatannya relatif lebih kecil dan bersifat dangkal. BMKG terus memantau situasi dan akan memberikan informasi terkini kepada masyarakat.
(hri)
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More Content