Diserang Buzzer di Tiktok, Airin Dibela Netizen

Selasa, 17 September 2024 - 11:39 WIB
Kampanye hitam terhadap pasangan calon gubernur Banten Airin Rachmi Diany mulai bermunculan di media sosial, terutama platform TikTok. Foto/Dok. SINDOnews
SERANG - Kampanye hitam terhadap pasangan calon gubernur Banten Airin Rachmi Diany mulai bermunculan di media sosial, terutama platform TikTok. Cara negatif untuk menjatuhkan Airin tersebut begitu masif dilakukan baik terhadap pribadi maupun keluarga.

Pemerhati Pilkada Banten, Husnul Khotimah menyebut serangan pada pribadi dan keluarga kerap dilakukan untuk mempengaruhi pilihan masyarakat. Apalagi ada media darling yang menjadi calon seperti nama Airin Rachmi Diany.

Husnul mengaku telah melihat serangan kepada Airin, terutama di TikTok . Serangan kampanye hitam sudah terdeteksi sejak beberapa tahun lalu. Namun serangan semakin masif dilakukan pada tahapan pencalonan Pilkada Banten.

Ditenggarai 'pasukan Tiktok' penyerang ini menggunakan jasa buzzer yang khusus melakukan kampanye hitam. Hal itu terlihat dari keseragaman akun yang menggunakan nama anonim.

“Airin memang paling banyak diserang. Mungkin karena menjadi kandidat terkuat. Namun saya melihat, cara-cara pihak yang melakukan kampanye hitam ini pakai isu lama. Bahkan netizel justru banyak yang membela Ibu Airin,” katanya dalam siaran pers, Selasa (17/9/2024).

Husnul menyebut serangan pada Airin hampir semua materi isinya adalah reproduksi isu lama dan sudah basi. Upaya memasak kembali isu-isu itu dilakukan secara eksessif, namun tampaknya tidak berpengaruh. Sebab secara alami para pendukung Airin juga membalas atau menjawab serangan itu di kolom komentar.

“Isu-isu yang diangkat untuk menyerang Airin benar-benar tidak ada yang baru, lama semua. Basi semua. Bahkan netizen banyak yang menyebut cara-cara seperti itu sudah ketinggalan zaman. Jadi Airin diserang di TikTok, netizen membelanya,” tandasnya.

Ketua Koordinator Kopi Hitam Kota Tangerang, Hasanudin BJ menilai, kampanye negatif merupakan cara-cara pihak yang panik atas elektabilitas Airin yang sangat tinggi di Pilkada Banten. Menurutnya, kampanye tersebut tidak akan menyurutkan para relawan untuk memenangkan Airin Rachmi Diany dan Ade Sumardi di Pilkada Banten.

"Kami melihat bahwa pasangan Airin-Ade memiliki memiliki visi dan misi yang selaras dengan kebutuhan dan aspirasi pemuda di Banten. Bu Airin telah menorehkan prestasi dengan menjadikan Kota Tangsel menjadi daerah maju. Insya Allah ke depan, banten maju bersama, " jelasnya.
(poe)
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More Content