Misteri Tombak Kanjeng Kiai Baru Klinting, Pusaka Legendaris Mataram dari Batu Meteor

Senin, 12 Agustus 2024 - 12:29 WIB
Ilustrasi Tombak Kanjeng Kiai Baru Klinting pusaka Mataram Islam dari Batu Meteor. Foto/Istimewa
Kisah mengenai asal-usul Tombak Kanjeng Kiai Baru Klinting menjadi ulasan menarik untuk disimak. Senjata tersebut konon dulunya dibuat dari sebuah batu meteor.

Cerita seputar pusaka legendaris nusantara telah banyak dikisahkan secara turun temurun. Bukan sekadar benda biasa, penyebutannya pusaka legenda karena konon memiliki kekuatan atau kesaktian tertentu.

Melihat sekian banyak namanya yang terkenal, salah satu yang cukup menarik adalah tombak Kanjeng Kiai Baru Klinting. Lebih jauh, berikut ini kisah asal muasalnya yang bisa diketahui.

Kisah Tombak Kanjeng Kiai Baru Klinting



Tombak Kanjeng Kiai Baru Klinting adalah salah satu pusaka peninggalan Kerajaan Mataram Islam. Kekuatan atau kesaktiannya disebutkan tak berbeda jauh dari pusaka serupa seperti Tombak Kanjeng Kiai Pleret yang dipakai untuk membunuh Arya Penangsang.

Pada riwayatnya, tombak Kanjeng Kiai Baru Klinting merupakan sebuah pusaka milik Ki Ageng Mangir Wanabaya. Dikisahkan, dulunya dia pernah melakukan pemberontakan terhadap Panembahan Senopati.



Setelah beberapa kali berganti pemilik tombak itu diwariskan sampai era Sultan Agung Hanyokrokusumo. Pada salah satu kisah, kesaktiannya muncul ketika digunakan abdi dalem Sultan Agung yang bernama Ki Nayadarma.

Berkaitan dengan kemampuannya, tombak ini dulu dipakai perang tanding melawan Adipati Pati Pragola II yang memberontak terhadap Mataram. Tubuh sang Adipati itu sebelumnya dikenal kebal dan tidak mempan terhadap senjata apa pun.

Namun, ilmu kebal itu tak berguna dihadapan tombak Kanjeng Kiai Baru Klinting. Melalui pusaka ini, tubuhnya bisa ditembus dan akhirnya dikalahkan.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More Content